Strategi alternatif untuk meningkatkan kinerja penjualan :: Studi kasus Indomaret X
FIRMANSYAH, Hilman, Ertambang Nahartyo, Dr.,M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenEra perdagangan bebas merupakan era dimana batas suatu negara tidak lagi menjadi kendala untuk persaingan bisnis, jumlah konsumen yang banyak disertai adanya trend berbelanja di pasar maupun toko modern yang terus meningkat mengundang investor baik dalam negeri maupun luar negeri untuk ikut dalam persaingan. Tingkat persaingan yang tinggi membuat Indomaret X harus mempersiapkan diri menghadapi pesaing yang sudah ada maupun yang akan datang. Kondisi ekonomi yang belum membaik, ancaman masuknya pendatang baru, kekuatan tawar menawar konsumen yang besar, adanya pesaing yang memiliki fasilitas yang lebih baik, itu semua merupakan beberapa faktor eksternal yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan sehingga Indomaret X belum dapat mencapai target yang diharapkan. Hal ini kurang menguntungkan bagi kelangsungan usaha Indomaret X. Kondisi internal Indomaret X cukup baik meskipun terdapat beberapa kekurangan yang perlu segera diperbaiki seperti fasilitas parkir dan kecepatan layanan anteran. Indomaret X mempunyai kemampuan yang lebih baik dibanding pesaing yaitu tersedia management yang kuat, fasilitas pembayaran menggunakan debit, adanya ATM, produk yang lebih lengkap (tersedianya gas elpiji). Untuk meningkatkan penjualan serta mengantisipasi terjadinya perubahan lingkungan eksternal dan internal, Dengan menggunakan Internal External Matriks dan TOWS matriks, Indomaret X dapat menggunakan strategi alternatif yaitu strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Untuk dapat melaksanakan strategi ini ada beberapa hal yang harus dilaksanakan oleh pihak manajemen.
The era of free trade or globalization is a borderless era where a nation’s border is no longer a stumbling block for businees competition, a large number of market retail in Indonesia, which follow with the increase of the trend consumer shopping in the modern market invite the investor from domestic or foreign to join in the competition. The high competition makes Indomaret X must be prepare to face the competitor who has been exist or in the future. The economic condition that hasn’t get better. The threat from potential new entrants, the big bargaining power of buyer, the competitor that has better facilities, all of that are the external analysis that cause the Indomaret X couldn’t get the sales target. The Internal analysis Indomaret X is not bad, but there some factor that must be fixed. Likes parking area, delivery service, personal marketing . In the other side there are several strength are strong management, good operational management, payment facility ( Debit and ATM), complete product. To increase the sales and anticipate the change of environment, Using the Internal External Matrix and TOWS matrix, The alternative strategy Indomaret X are Market Penetration and product development. To be able to apply both of them there are several programs that are need to be done by its management
Kata Kunci : Kinerja Penjualan,Strategi Alternatif, Strategy, internal analysis, external analysis, Alternative strategy, market penetration, product development.