Sistem Informasi dan Pengelolaan Prasarana Bandar Udara Temindung Samarinda
INDARTA, Jaka Purwa, Dr.Ir. Hrc. Priyosulistyo, M.Sc
2006 | Tesis | S2 Teknik SipilBandar udara Temindung Samarinda memiliki luas 133.998 m2 dengan segala keterbatasan dana, sumber daya manusia, peralatan, dan teknologi yang ada. Pengelolaan bandar udara memerlukan suatu sistem manajemen yang terpadu, seiring dengan semakin bertambahnya frekuensi penerbangan yang terjadi akhir-akhir ini, berakibat pada tingkat pelayanan menurun terutama pada bangunan landasan, maka diperlukan suatu pengelolaan sistem informasi yang menyediakan informasi tentang kondisi bangunan dan landasan.Tujuan penelitian ini adalah membangun dan mengimplementasikan sistem informasi bandar udara yang cepat, informatif, dan dapat membuat penilaian kondisi perkerasan landasan dengan metode PCI. Pengelolaan sistem informasi prasarana bandar udara dibangun dan dikembangkan dengan membutuhkan perangkat lunak ( borland delphi dan paradox), perangkat keras (komputer), dan data informasi. Didesain dengan menampilkan satu interface dengan melakukan login langsung, sehingga dapat diketahui informasi kondisi prasarana bandara pada umumnya dan secara khusus dapat diketahui nilai PCI dan rating kondisi lapisan perkerasan landasan. Aplikasi ini mempercepat pencapaian informasi tentang kondisi prasarana bandara dan secara detail dapat menentukan nilai PCI dan rating kondisi perkerasan landasan secara cepat dan tepat. Aplikasi ini memberikan dukungan berupa sumber data/informasi yang diperlukan oleh pengambil keputusan dengan mudah, mutakhir, dan akurat. Nilai kondisi lapisan perkerasan landasan bandara Temindung Samarinda yang diteliti memberikan informasi bahwa nilai PCI dan rating untuk yang terendah berada di landasan pacu (runway) pada segmen 4 dengan nilai 49 jelek (fair), tertinggi di landasan parkir (apron) pada segmen 1 dan 2 dengan nilai 94 sempurna (excellent).
The 133,998 m2 of Temindung airport in Samarinda conveys problems of limited funds, human resources, equipments and available technology. The airport requires an integrated management system due to increasing flight frequency that would decrease service, especially the runway structure. It is necessary to apply an information system capable to identify the structure and runway conditions. The objective of this study is to construct and implement a prompt and informative air port information system that is able to provide valuation upon the runway pavement condition using the PCI method. Information system management for airport infrastructures will be constructed and developed using Borland Delphi and Paradox software as well as hardware and information data. Having a design that presents one interface through a direct login, the general and specific information about the airport infrastructures, PCI and rating of the runway pavement layer condition can then be identified. Such application would accelerate the information achievement about the airport infrastructure condition and determine the PCI value and rating in detail about the runway pavement condition promptly and accurately. It provides supports, such as data/information required by the decision makers to make decision easily, promptly, and accurately. Results of the study show that pavement condition value of Temindung airport in Samarinda with the lowest PCI and rating is on the runway segment 4 and a score of 49 (fair). The highest value is on runway segment 1 and 2 with a score of 94 (excellent).
Kata Kunci : Bandar Udara,Pengelolaan Prasarana,Sistem Informasi, Management, information, airport