Tanggung jawab pengangkutan penumpang pada pengangkutan udara domestik :: Studi kasus di Perusahaan Penerbangan PT. Lion Air Surabaya
RESTYOKO, Conny Tri, Prof.Dr. Nindyo Pramono, SH.,MS
2006 | Tesis | S2 Ilmu Hukum (Magister Hukum Bisnis)Penelitian tentang Tanggung Jawab Pengangkutan Penumpang Pada Pengangkutan Udara Domestik (Studi Kasus di Perusahaan Penerbangan PT. Lion Air Surabaya) adalah penelitian yuridis normatif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sampai sejauh mana masalah dari tanggung jawab pengangkut itu terhadap penunmpang apabila didalam hal pengangkutan tersebut dibatalkan secara sepihak oleh pihak pengangkut itu, dimana akibat dari pembatalan itu penumpang dirugikan, mengetahui masalah prosedur didalam hal mernperoleh suatu ganti rugi didalam hal bila terjadi suatu kerugian selama penerbangan. Data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan didukung data primer dari lapangan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanggung jawab pengangkut terhadap pihak penumpang, didalam pengangkutan udara menganut prinsip presumption of liability dan juga menganut prinsip limitation of liability. Peranan tiket penumpang dalam perjanjian pengangkutan penumpang melalui udara sangat besar. Tiket penumpang merupakan alat bukti yang pertama kali ditunjukkan apabila terjadi sengketa antara penumpang dengan pengangkut. Adanya tiket penumpang mempengaruhi tanggung jawab yang menjadi beban pengangkut apabila terjadi kecelakaan pesawat terbang. Masalah tanggung jawab terhadap pembatalan penerbangan, yang dilakukan secara sepihak oleh pihak pengangkut, pihak penumpang tidak memperoleh ganti rugi dan mengenai prosedur pemberian ganti rugi untuk pihak penumpang / ahli waris, apabila terjadi kecelakaan, maka terlebih dahulu akan diselesaikan secara kekeluargaan dengan disesuaikan pada ketentuan batas limitnya. Apabila pihak penumpang tidak merasa puas didalam hal pemberian ganti rugi tersebut, maka pihak penumpang/ahli warisnya dapat mengajukan ke pengadilan negeri.
The research on responsibility of carrying passenger of domestic air transportation (case study at flight company of PT. Lion Air surabaya) is a juridical-normative research). This Research target is to know until how far problem from that conveyor responsibility to passenger if in the hat transportation canceled unilaterally by that conveyor party, where effect of that cancellation is passenger harmed, knowing procedure problem in matter obtain an indemnation in matter when happened by an loss of during air transport. The secondary data obtained from bibliography study supported by primary data from field was then analyzed qualitatively. The findings show that the conveyor Responsibility to passenger party, in transportation of air embrace the principle of presumption of liability as well as embracing principle of limitation of liability. role of passenger Ticket in agreement of[is transportation of passenger through air very big. Passenger ticket represent the first evidence appliance multiply shown in the event of dispute among passenger with the conveyor. Existence of passenger ticket influence the responsibility becoming conveyor burden in the event of plane accident. Responsibility problem to air transport cancellation, what is conducted unilaterally by conveyor party, unrightious of passenger do not obtain the indemnation and hit the compensatory gift procedure for the party of passenger / heir, in the event of accident, hence beforehand will be finished in familiarity accomodatedly at rule of its limit boundary. If passenger party do not lick lips in the compensatory gift matter, hence side the passenger / its heir can bring to trial country.
Kata Kunci : Hukum Bisnis,Perjanjian Pengangkutan,Penerbangan Domestik, responsibility, carrying passenger, air transportation