Laporkan Masalah

Penerapan Active Object pada Pemrograman Aplikasi dalam Symbian Operating System

HARRYADHI, Leonardus Paskah, Drs. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc.,Ph.D

2005 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Symbian Operating System merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan oleh beberapa produsen mobile device. Keberadaan sistem operasi pada mobile device merupakan kemajuan karena memiliki fungsi-fungsi yang hampir sama dengan personal computer. Mobile device jenis ini disebut smart phone. Namun smart phone memiliki keterbatasan, yaitu pada kapasitas memori dan tenaga. Oleh karena itu aplikasi apapun yang beroperasi pada sistem seharusnya memiliki ukuran yang kecil, namun efisien. Penggunaan active object dan active scheduler dianggap mampu membantu efisiensi kerja dalam Symbian Operating System. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana cara membuat suatu active scheduler dan active object ? Bagaimana ilustrasi cara kerja active scheduler dan active object pada suatu aplikasi? Kedua pertanyaan ini menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini. Symbian OS sejak kemunculannya telah meluncurkan berbagai versi. Versi Symbian OS disesuaikan dengan fungsi mobile device yang diproduksi. Konsep multitasking terdapat pada sistem operasi ini. Oleh karena sistem operasi banyak menangani event, maka hal ini menimbulkan ketidak efisienan dalam penggunaan resource. Active object merupakan non-preemptive multitasking, sehingga dapat membantu sistem operasi dalam menangani banyak event. Sedangkan active scheduler bertugas mengatur kerja active object dalam menangani eventevent. Penerapan active object pada penelitian ini dilakukan dengan membuat aplikasi yang menggunakan aturan pengkonstruksian, penggunaan, dan pengakhiran active object. Untuk meng-install pada smart phone dilakukan compile secara langsung pada smart phone. Hasil penelitian adalah bahwa active object dan active scheduler pada program aplikasi penerapannya dilakukan dengan cara menuliskan rangkaian perintah pada source code. Begitu pula dengan pengaktifan active object. Ilustrasi terhadap cara kerja active object, dilakukan dengan menganalogikan cara kerja aplikasi pendeteksi Bluetooth device. Pengilustrasian ini mampu membantu para developer baru untuk memahami konsep active object dan active scheduler

One kind of operating systems of mobile device is Symbian Operating System (Symbian OS). Operating systems in mobile device have some functions like personal computers. It is call smart phone. However, smart phone have limitations. They are memory capacity and power capacity. All applications in Symbian OS should have efficient memory and power. Active object and active scheduler assume that could support the efficiency of work in Symbian OS. The problems statements are how to create active objects and an active scheduler? How do they work? Symbian OS have some versions. Each version has different function, depend on the vendors. It has multitasking concept. The system must handle some events. It can make inefficient in using the resources. The active object is non-preemptive multitasking; it can help the system for event handling. The active scheduler has responsible to scheduling the active object work. The rules of the implementation are constructing, using, and destroying the active object. To install on smart phone, programmers can compile the source code to smart phone directly. The results are that active object and active scheduler in the implementation for an application, written some commands in the source code. Programmers have to do same way to active the active object. The Bluetooth device discoverer is the application that figure active object and active scheduler work. It can help new developers to understand the concepts are.

Kata Kunci : Teknologi Informasi,Symbian Operating System


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.