Peranan merek dan upaya hukum terhadap pelanggaran merek dalam kegiatan perdagangan barang dan atau jasa
PARTAMA, I Gusti Putu, Nugroho Amien Setijarto, SH.,MSi
2005 | Tesis | S2 Ilmu Hukum (Magister Kenotariatan)Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran dan upaya hukum terhadap pelanggaran merek dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa. Penelitian ini menggunakan bahan kepustakaan sebagai pendukung utama di samping penelitian lapangan sebagai upaya untuk mengumpulkan bahan pelengkap guna penyempurnaan penelitian. Data yang di peroleh dari hasil penelitian kepustakaan maupun penelitian lapangan akan di analisa secara kualitatif, yang kemudian hasil tersebut akan di deskripsikan untk memberikan gambaran yang obyektif. Dari hasil penelitian dan pembahasan di ketahui gugatan pelanggaran hak atas merek, dapat berupa pembatalan pendaftaran merek atas dasar itikad tidak baik, dari pemilik merek merek terdaftar dan/atau persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya dengan merek yang bersangkutan. Gugatan ganti rugi yang di kategorikan sebagai perbuatan melawan hukum berdasarkan pasal 1365 kitab Undang-Undang Hukum Perdata, yaitu gugatan penghentian semua perbuatan yang berkaitan dengan penggunaan merek, dan tindakan sementara dari Pengadilan Niaga. Sebagai hasil analisis dari penelitian ini adalah telah terdapat peran dan upaya hukum terhadap pelanggaran merek dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa melalui beberapa Yurisprudensi, berupa pembatalan pendaftaran merek, dang anti rugi Dalam menghadapi persaingan yang ketat, merek yang kuat merupakan suatu pembeda yang jelas, bernilai dan berkesinambungan, menjadi ujung tombak bagi daya saing perusahaan, dan sangat membantu dalam strategi pemasaran Terhadap pelanggaran atas merek terdapat ancaman hukuman pidana yang di berikan bersifat komulatif dan alternatif sekaligus antara pidana penjara dan pidana denda. Dengan demikian, hakim dapat menjatuhkan hukuman pidana penjara atau pidana denda saja, atau sekaligus menjatuhkan pidana penjara dan pidana denda.
The aim of this research is to examinethe role of brands and legal effort of brand violation in good and service trading. This research is support with the literary data as the main data, besides the filed research that done as the effortto collect secondary data to complete the research. Both data would be analyzed qualitatifely, and the result would be described so that the result can be seen objectively as a whole. The result show that suit of brands violation can be define as an annulement of registered brands based on the un good will of the owner of registered brands and/or the similar brands. The suit of brands violation is an indemnity suit which stated on article 1365 of Civil Code, as the suit against all the deeds connected with the using of the brands and also the commerce court temporary act. The analys so that there has been a role and legal effort against brand violation in good and services trading trough some Court yurisprudence content of brands annulment and indemnity. Facing the nowdays strict competition, a strong brands seen as a clear differ, value and continue to become the most important things for the company and would be helpful at market strategy. Against the brands violation, the criminal law punisment can be given comulatifely contents of the jail punisment or the asses punisment. Based on that the judge can sentense both or one of the punisment.
Kata Kunci : Perlindungan Hukum,Hak Atas Merek, the role and legal effort against brands violation