Laporkan Masalah

Penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 pada organisasi publik :: Studi kasus pada Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo

ARIFIN, Zaenal, Dr. Yeremias T. Keban

2004 | Tesis | Magister Administrasi Publik

Akhir-akhir ini, isu-isu sektor pelayanan publik di Indonesia semakin mencuat ke permukaan. Isu-isu pelayanan publik tersebut dari hari ke hari menjadi pembicaraan yang semakin menghangat dan bahkan semakin panas. Hal tersebut dikarenakan pelayanan publik memiliki implikasi yang luas baik implikasi di sosial politik maupun ekonomi. Implikasi sosial politik berpengaruh terhadap legitimasi pemerintah dimata masyarakat, sedangkan implikasi ekonomi berakibat terhadap berkembangnya dunia usaha dan investasi di negeri ini yang tentunya akan mempengaruhi perekonomian masyarakat. Bergulirnya otonomi ternyata tidak menjamin peningkatan mutu pelayanan. Banyak strategi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk peningkatan mutu pelayanan, salah satunya yaitu penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 oleh Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo. Berangkat dari hal tersebut, penulis meneliti bagaimana penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 pada Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo. Adapun tujuan dari penulisan tesis ini untuk mengetahui Sistem Manajemen Mutu ISO-9001:2000 pada organisasi publik khususnya pada Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam penerapannya. Dalam tesis ini digunakan empat konsep teoritis yaitu konsep mengenai mutu dalam pemberian pelayanan perijinan. Konsep mengenai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 sebagai suatu sistem yang berstandar internasional yang diterapkan untuk memberikan pelayanan perijinan kepada pelanggan yang meliputi fokus pada pelanggan, gaya kepemimpinan, keterlibatan personel, peningkatan berkesinambungan, pembuatan keputusan berdasarkan fakta, dan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok. Konsep faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 meliputi stándar dan tujuan, komunikasi, sumber daya dan disposisi. Metode penelitian yang digunakan disini adalah penelitian kualitatif dengan format deskriptif yang difokuskan pada studi kasus. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis komponensial yang pada akhirnya akan dapat menjawab permasalahan yang ada. Berdasarkan analisis data yang ada, didapatkan hasil Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 belum diterapkan secara optimal oleh Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo. Ada dua prinsip yang belum berjalan sesuai yang diharapkan yaitu gaya kepemimpinan dan keterlibatan personel. Gaya pimpinan untuk mencapai visi organisasi terlihat masih setengah-setengah. Sedangkan dalam hal keterlibatan personel masih bersifat fungsional dan masih sangat kental dengan pengaruh “top down” daripada “bottom up”. Selain itu ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan yaitu adanya kejelasan standar dan tujuan dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang digunakan, tersedianya sumber daya yang cukup memadai terutama dalam kuantitas staf dan anggaran yang tersedia. Sedangkan faktor yang menimbulkan kegagalan meliputi: masih kurang jelasnya komunikasi dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 di kalangan pegawai dan masih kurangannya sumber daya (fasilitas) yakni alat transportasi yang digunakan untuk peninjauan lapangan. Dari hasil analisis tersebut kiranya Kepala Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo lebih memperhatikan komunikasi kepada pegawai terutama dalam penyampaian standar dan tujuan ISO 9001:2000 dan menambah sumber daya yaitu mobil dinas yang masih kurang.

Recently, sector issues service of public in Indonesia progressively emerge to surface. Issues service of the public day after day become discussion which progressively heat and even progressively heat. The mentioned because of licensing of public have good wide of implication of social and politics implication and economic area. Social and politics implication have an effect on to governmental legitimasi is society eye, while economic implication cause to the have expanding to corporate world is effort and invesment in this country which it is of course will influence economics of society. Of autonomy in the reality not guarantee the make-up of service quality. Many strategies used by local government to the make-up of service quality, the other one of that is applying of System Management Quality of ISO 9001:2000 by On duty Licensing and Cultivation Of Capital Sub-Province of Sidoarjo. Leaving of the mentioned, writer try to research how applying of System Management Quality of ISO 9001:2000 at On duty Licensing and Cultivation of Capital Sub-Province of Sidoarjo. As for intention of writing of this thesis to know System Management Quality of ISO-9001:2000 at public organization specially at On duty Licensing and Cultivation Of Capital Sub-Province of Sidoarjo and also know factors influencing failure and efficacy in applying of him In this thesis is used four theoretical concept that is concept regarding in gift of service of Concept concerning System Management Quality of ISO 9001:2000 as a system which is have international standard which applied to give service of licensing to which is focus at customer, leadership style, involvement of personel, continual improvement, decision making pursuant to fact, and[relation each other profiting by. Concept factors influencing efficacy and applying of System Management Quality of ISO 9001:2000 covering target and stándard, communications, resource and disposition. Method research and resource used here is research qualitative with descriptive format which focussed at case study. Technique analyse data the used is technique analyse componential which in the end will be able to answer existing problems. Pursuant to existing data analysis, got by result System Management Quality of ISO 9001:2000 not yet been applied in an optimal fashion by On duty Licensing and Cultivation Of Capital Sub-Province of Sidoarjo. There is two principle which not yet walked as expected that is leadership style and involvement of personel. Leader style to reach seen organizational vision still semies. While in the case of involvement of personel still have the character of functional and still very with influence of “top down” than “bottom up”. Besides that, some factors influencing efficacy and failure of applying of System Management Quality of ISO 9001:2000. Factor influencing efficacy that is existence of clarity of standard and intention of System Management Quality of ISO 9001:2000 which used, the available of adequate enough resource especially in staff amount and available budget. While factor generating failure cover: still less communications applying of System Management Quality of ISO 9001:2000 among officer and still resource ( facility) namely transportation appliance used for the sighting of field. From the analysis result recommended Head To on duty Licensing and Cultivation Of Capital Sub-Province of Sidoarjo more pay attention communications to officer especially in forwarding of target and standard of ISO 9001:2000 and add resource that is car on duty which still less.

Kata Kunci : Manajemen Mutu ISO 9001:2000,Organisasi Publik


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.