Laporkan Masalah

Pelatihan meditasi-otogenik untuk meningkatkan konsentrasi pada atlet lari jarak pendek

JANNAH, Miftakhul, Dr. Supra Wimbarti, MSc

2004 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini dirancang untuk menguji efektivitas pelatihan meditasi – otogenik untuk meningkatkan konsentrasi pada atlet lari jarak pendek. Sebanyak 16 atlet lari jarak pendek pusat latihan daerah Jawa Timur mengambil bagian dalam penelitian ini. Penelitian dengan metode eksperimen ini menggunakan pengolahan data dengan teknik analisis variansi (anava) 3-jalur. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) pelatihan meditasi – otogenik efektif untuk meningkatkan konsentrasi pada atlet lari jarak pendek, dengan nilai FA = 33,000 dengan p = 0,001. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan konsentrasi pada atlet lari jarak pendek yang berusia remaja dan dewasa awal yang mendapatkan pelatihan meditasi - otogenik., dengan F inter AB = 5,121 dengan p = 0,052. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan konsentrasi pada atlet lari jarak pendek laki-laki dan perempuan yang mendapatkan pelatihan meditasi - otogenik, dengan nilai F inter AC = 1,485 dengan p = 0,257. Peningkatan konsentrasi melalui pelatihan meditasi – otogenik disebabkan oleh kesiapan dan keaktifan peserta, metode pelatihan, dan materi pelatihan yang saling terkait satu dengan yang lainnya.

This research was designed to test the effectiveness of meditation – autogenic training to increase sprinters’ concentration. There are sixteen sprinters from Training Centre Local of East Java participated in this research. Data were analyzed using 3-ways Anova. The result obtained indicates that: (1) meditation – autogenic training is effective to increase sprinters’ concentration, with F = 33,000; p = 0,001. (2) There was no difference between early adult spinters and adolescent spinters who received meditation – autogenic training, with F = 5,121 ; p = 0,052. (3) There was no difference between male spinters and female spinters who received meditation – autogenic training, with F = 1,485 ; p = 0,257. Sprinters’ concentration increase through the meditation – autogenic training because of subject’s readiness and participation, training method and training items, which they are interrelated to each other.

Kata Kunci : Psikologi Perkembangan,Konsentrasi,Latihan Meditasi,Otogenik, Meditation, Autogenic Training, Concentration


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.