Laporkan Masalah

Visualisasi peta 3D Interaktif

HADIWANDRA, T. Yudi, Drs. Agus Harjoko, MSc.,Ph.D

2004 | Tesis | S2 Ilmu Komputer

Informasi karakteristik kebumian umumnya disimpan dan disajikan dalam bentuk peta. Peta biasanya ditampilkan pada bidang datar dalam bentuk 2- dimensi. Peta dalam bentuk 2-dimensi hanya menampilkan karakteristik kebumian yang sesuai dengan sudut pengamatan tertentu dan bersifat statis atau tetap. Oleh karena adanya keterbatasan itu, maka banyak fenomena-fenomena lain yang tidak dapat ditampilkan dalam bentuk 2-dimensi. Untuk itu diperlukan usaha lain untuk menampilkan karakteristik kebumian tersebut dalam bentuk 3-dimensi agar dapat menampilkan keadaan yang sebenarnya secara lebih baik. Informasi dasar yang diperlukan bagi pemodelan 3-dimensi ini adalah karakteristik ketinggian (elevation data). Informasi ketingian ini biasanya disimpan dalam bentuk DEM file. Dengan teknik grafika komputer 3D, data tersebut disusun dalam sistem koordinat 3D untuk membentuk objek atau daerah pengamatan tersebut. Agar penguna dapat melihat objek tersebut dari berbagai sudut pengamatan berbeda, diperlukan suatu metode rendering yang real-time. Metode rendering yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROAM rendering. Metode ini mampu menampilkan sejumlah besar data dengan tetap menjaga kestabilan kinerja sistem pada level real-time untuk mendukung sistem yang interaktif. Untuk memudahkan dalam implementasi sistem, digunakan komponenkomponen GLScene Library. Library ini merupakan interface antara bahasa pemograman dengan OpenGL Library (library grafis standar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dari sistem 3D DEM Viewer ini sangat tergantung pada kecepatan processor dan kapasitas frame buffer dari kartu grafis yang digunakan. Teknik pemberian texture yang digunakan juga mempengaruhi kestabilan kinerja sistem.

The information of earth surface characteristics as usually described by a map. The map was often displayed on a flat plane in 2D coordinates system. The map can only display the earth surface on static orientation with limited phenomena. The map with 2D coordinates system can’t display other phenomena, so that many information of the earth surface characteristics can’t be explored to describe the real condition of the surface. The other method to describe the earth surface characteristics in 3D coordinates system have to be used. The elevation data is the base information needed to build a 3D surface modeling. DEM file is a standard of the elevation data distribution in many countries of the world. The purpose of this research is to built the system that can display elevation data as 3D map where user can interact in 6-degrees of freedom. The 3D modeling surface can be build from elevation data using 3D computer graphics technique. To support the user interactively for this system, the real-time render method is needed. The render method used in this research is ROAM (Real-time Optimally Adapting Mesh). This system was build in visual Delphi programming language and using VCL object from GLScene to construct 3D world system. The result of this research showed that the system can display 3D surface in real-time with stable frame-rate. This system can display object in 6-degrees of freedom where user can see the object from many orientations. The performance of this system are influenced by processor speed and frame buffer capacity. The texturing technique was used in this system displays data with lower frame-rate, specially on displaying high resolution data with multi texture mode.

Kata Kunci : Visualisasi Peta Digital Elevation Model,Grafika Komputer 3D, elevation data, ROAM rendering, GLScene, frame-rate


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.