Laporkan Masalah

Kajian Daya Prediksi Instrumen Asesmen Bakat Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kelompok Program Studi Soshum

MUHAMMAD ILHAM, Rahmat Hidayat, S.Psi., M.Sc., Ph.D.

2023 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Salah satu bentuk pemanfaatan Tes Bakat adalah mengukur domain bakat dalam serangkaian tes minat dan bakat untuk penjurusan yang hasil akhirnya dapat berupa rekomendasi atau prediksi jurusan yang sesuai bagi klien pengguna tes. Namun, landasan empiris bahwa hasil tes bakat mampu memprediksi prestasi belajar klien di Perguruan Tinggi masih perlu dibuktikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat bukti empiris mengenai daya prediksi instrumen asesmen bakat terhadap prestasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang menjalani tes minat bakat di Unit Konsultasi Psikologi (UKP) Fakultas Psikologi UGM pada tahun 2019. Pada penelitian ini, data hasil tes bakat berperan sebagai prediktor, sedangkan IPK, bertindak sebagai kriteria. Teknik pengumpulan data adalah studi dokumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data yang menggunakan teknik correlation analysis dan dianalisis menggunakan perangkat lunak JASP. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) subtes pemahaman adalah subtes yang paling kuat dalam memprediksi prestasi akademik mahasiswa di kelompok program studi soshum dengan koefisien validitas prediktif sebesar 0,279 (p<0,005).

One of the purposes of using aptitude test is to measure the aptitude domain in a series of placement tests whose result is a recommendation or prediction of the appropriate major for the user's client. However, the empirical basis that the results of interest and aptitude tests can predict client learning achievement in higher education still needs to be proven. This study aims to provide empirical evidence regarding the predictive power of aptitude assessment instruments on student achievement. The sample of this study was students who underwent an interest in talent test at the Psychology Consulting Unit (UKP) of the Faculty of Psychology UGM in 2019. In this study, the aptitude test result data acts as a predictor, while the GPA acts as a criterion. Data collection technique is document study. The approach used in this study is a quantitative approach with data processing using correlation analysis techniques and analyzed using JASP software. Based on the results of the analysis, it can be concluded that: (1) the comprehension sub-test is the most powerful sub-test in predicting student academic achievement in the social and human resources study program group with a predictive validity coefficient of 0.279 (p<0.005).

Kata Kunci : Daya prediksi, Bakat, Prestasi belajar.

  1. S2-2023-466721-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466721-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466721-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466721-title.pdf