Laporkan Masalah

Strategi manajemen perubahan dalam proses transformasi digital : studi pada pt. Bio farma

FITRIA SILVIANA, Willy Abdillah, Dr., M.Sc.

2023 | Tesis | MAGISTER MANAJEMEN (KAMPUS JAKARTA)

Konsekuensi dari proses globalisasi menyebabkan perkembangan dunia usaha akan selalu diwarnai oleh perubahan perubahan yang semakin terbuka, kompleks dan kompetitif., baik dari lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Perubahaan sosial ekonomi seperti ini membuahkan hambatan dan tantangan yang harus dihadapi sehingga menuntut setiap perusahaan untuk menyusun suatu strategi bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Salah satunya adalah dengan menggabungkan unsur teknologi dan digital yang memungkinkan membuat segalanya menjadi lebih cepat dan akurat. Integrasi dari Cyber Physical System (CPS) dan Internet of Things and Services (IoT dan IoS) dengan dibackup dengan big data mampu mengolah data dan memaparkan sebuah kondisi secara virtual yang dapat membantu untuk pengambilan keputusan yang tepat, efektif dan efisien. PT. Bio Farma sebagai holding company yang sedang melakukan transformasi besar besaran juga menyadari bahwa digitalisasi perlu diterapkan dalam kegiatan bisnis secara menyeluruh. Namun, dalam menjalani proses transformasi ini PT. Bio Farma pasti akan menghadapi banyak tantangan salah satunya adalah harmonisasi antara kemampuan adaptasi SDM, Strategi Manajemen dan kemutakhiran teknologi yang merupakan salah satu faktor penting keberhasilan transformasi ini. Sumber daya manusia adalah salah satu pemegang peranan kunci digitalisasi sehingga change management yang tepat adalah yang melibatkan dimensi perubahan yang sesuai dengan perkembangan individu. Penelitian ini akan mengulas tuntas strategi transformasi digital yang tepat di industri farmasi dengan menggunakan ADKAR change management agar perusahaan dapat melalui hambatan hambatan yang akan terjadi selama proses transformasi berjalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh dari kuesioner semantik diferensial yang kemudian dilanjutkan dengan wawancara semi terstruktur kepada Direktur Transformasi dan Digital, dan Vice President Strategi Korporasi, Transformasi dan Pengelolan Kinerja, untuk mengetahui strategi roadmap digitalisasi, sekaligus sebagai sumber informasi bagi penelitian ini untuk menyusun saran strategi roadmap dari penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gap pada elemen Awareness dan Desire sehingga berdampak terhadap elemen Knowledge, Ability, dan Reinforcement. Permasalahan ini kemudian dibahas bersama direksi, sehingga didapatkan kesimpulan bahwa prinsip transformasi digital di PT. Bio Farma ini masih dalam tahap adaptasi terhadap proses bisnis yang baru agar bisa mengimplementasikan digitalisasi sebaik mungkin. Penanganan terhadap elemen-elemen ADKAR lainnya akan dibahas secara tuntas berikut pemakaian management tools dan peran-peran yang dibutuhkan dalam proses transformasi ini. Di bagian akhir penelitian disusun saran strategi roadmap digital transformasi, dengan harapan penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap PT. Bio Farma yang sedang bertransformasi digital.

As a consequence of the globalization process, the development of the business world will always be marked by increasingly open, complex and competitive changes, both from the company's internal and external environment. Socio-economic changes like this produce obstacles and challenges that must be faced, requiring every company to develop a business strategy to compete with other companies. One of them is by combining technology and digital elements that make everything possible to be faster and more accurate. Integration of the Cyber- Physical System (CPS) and the Internet of Things and Services (IoT and IoS) backed up with big data, being able to process data and present a virtual situation that can help make the right, effective and efficient decisions. PT. Bio Farma, as a holding company undergoing a significant transformation, also realizes that digitalization needs to be implemented in business activities. However, in undergoing this transformation process, PT. Bio Farma will undoubtedly face many challenges, one of which is the harmonization between HR adaptability, Management Strategy and technological updates which are one of essential factors for the success of this transformation. Human resources are one of the key players in digitization, so proper change management involves dimensions of change that are appropriate to individual development. The type of research used in writing this thesis is a method of descriptive qualitative. Primary data was obtained from a differential semantic questionnaire which was then followed by semi-structured interviews with the Director of Transformation and Digital, and the Vice President of Corporate Strategy, Transformation and Performance Management, to find out the digitalization roadmap strategy, as well as a source of information for this study to formulate a roadmap strategy suggestion from the writer. The results of the study show that there is a gap in the Awareness and Desire elements so that they have an impact on the Knowledge, Ability and Reinforcement elements. This problem was then discussed with the directors, so it was concluded that the principle of digital transformation at PT. Bio Farma is still in the stage of adapting to new business processes so that it can implement digitalization as best as possible. The handling of other ADKAR elements will be thoroughly discussed,

Kata Kunci : Tranformasi Digital, Digitalisasi, ADKAR Change Management, Strategi roadmap digitalisasi

  1. s2-2023-471132-abstract.pdf  
  2. s2-2023-471132-bibliography.pdf  
  3. s2-2023-471132-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2023-471132-title.pdf