Laporkan Masalah

Pilihan Moda Transportasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

YOSUA RAMA MADA K P, Dr. Lutfi Muta'ali, S.Si., M.T

2023 | Skripsi | S1 PEMBANGUNAN WILAYAH

Mobilitas pada tahun 2020 mengalami penurunan hingga minus 50% akibat pandemi COVID-19 dan kelompok penduduk angkatan kerja merupakan salah satu yang terdampak. Dampak dari pandemi berakibat kepada aktivitas pemenuhan kebutuhan terutama ekonomi, sosial, dan mobilitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sosio-demografi serta pilihan moda yang digunakan dan menganalisis variabel penyebab terpilihnya moda. Penelitian dilakukan dengan instrumen berupa kuesioner secara online dan teridentifikasi 200 responden sebagai pelaku perjalanan. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknik sampling kuota mengacu pada Roscoe (1982) dan sampel didapatkan dari variabel analisis chi-square dan dikalikan dengan sepuluh (18 variabel independen dan 1 variabel dependen). Analisis dilakukan dengan mendeskripsikan data melalui tabel, grafik, tabulasi silang, dan data spasial melalui peta. Hasil analisis chi-square menunjukan bahwa terdapat 9 variabel independen dari total 18 variabel yang secara signifikan berhubungan terhadap keputusan responden untuk memilih kendaraan bermotor maupun memilih kendaraan tidak bermotor sebagai moda transportasi utama pada masa pandemi COVID-19 di Provinsi D.I. Yogyakarta. Sepeda merupakan jenis moda yang paling banyak dimanfaatkan untuk tujuan pergerakan menuju ke tempat bekerja (30%) oleh responden berusia 17- 25 tahun yang bekerja sebagai pegawai swasta dengan tingkat pendapatan Rp 2.000.000 - Rp 3.500.000 per bulan

Mobility in 2020 has decreased to minus 50% due to the COVID-19 pandemic and the workforce population group is one of those affected. The impact of the pandemic has affected activities to fulfill needs, especially economic, social, and mobility. Therefore, this study aims to describe the socio-demographic characteristics and the choice of the mode used and analyst the variables that cause the choice of mode. The research was conducted using an instrument in the form of an online questionnaire and identified 200 respondents as travelers. Determination of the number of samples was carried out using a quota sampling technique referring to Roscoe (1982) and samples were obtained from the chi-square analysis variable and multiplied by ten (18 independent variables and 1 dependent variable). The analysis was carried out by describing the data through tables, graphs, cross-tabulations, and spatial data through maps. The results of the chi-square analysis show that there are 9 independent variables out of a total of 18 variables that are significantly related to the respondents' decisions to choose motorized or non-motorized vehicles as the main mode of transportation during the COVID-19 pandemic in the Province of D.I. Yogyakarta. Bicycles are the type of mode most often used to get to work (30%) by respondents aged 17-25 who work as private employees with an income level of Rp 2.000.000 - Rp 3.500.000 per month

Kata Kunci : kendaraan bermotor, kendaraan tidak bermotor, pilihan moda pada masa pandemi, analisis chi-square, D.I. Yogyakarta,motorized transport, non-motorized transport, choice mode during the pandemic, chi-square analysis, special region of yogyakarta

  1. S1-2023-397560-abstract.pdf  
  2. S1-2023-397560-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-397560-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-397560-title.pdf