Laporkan Masalah

DAMPAK TRANSFORMASI DIGITAL HAK TANGGUNGAN TERHADAP PENERIMA LAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT

Kurnia Rheza Randy Adinegoro, Dr. Ninik Darmini, S.H., M.Hum.;Dr. Umi Listyaningsih, M.Si.

2023 | Tesis | MAGISTER KEPEMIMPINAN DAN INOVASI KEBIJAKAN

Perkembangan teknologi dan sistem komunikasi di dunia saat ini berkembang secara pesat. Kemajuan teknologi ini membawa berbagai dampak perubahan. Segala sektor dalam kehidupan mulai tersentuh transformasi digital, baik di sektor privat maupun sektor publik. Salah satu penyelenggara layanan sektor publik di bidang Pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional merespon positif transformasi digital. Hal itu diwujudkan dengan mentransformasi layanan pertanahan salah satunya dengan transformasi Pendaftaran Hak Tanggungan yang sebelumnya dilakukan secara konvensional ditransformasi menjadi secara elektronik. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan sumber data primer berupa wawancara kepada informan dan sumber data sekunder berupa jurnal, data atau dokumen lain yang terkait. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana proses transformasi Hak Tanggungan Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah perbedaan proses pendaftaran sampai dengan penerbitan Hak Tanggungan sebelum dan sesudah adanya transformasi digital. Perbedaan tersebut dijabarkan dalam beberapa tahapan, antara lain pra pendaftaran, pembuatan Akta Pemberian Hak Tanggungan, Pendaftaran Hak Tanggungan, Pemeriksaan Berkas, Penerbitan dan Pengarsipan. Produk keluaran atau output juga berbeda, apabila Hak Tanggungan Konvensional berupa Sertipikat fisik yang mempunyai blangko khusus terdapat small printnya, dan hologramnya maka Hak Tanggungan Elektronik berupa selembar sertipikat yang bertanda tangan elektronik. Setelah menjelaskan perbedaan pendaftaran penelitian ini membahasa dampak yang terjadi khususnya pada pengguna layanan. Pengguna layanan dalam konteks Hak Tanggungan adalah Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Jasa Keuangan. Dampak transformasi digital diawali dengan pengalaman pengguna dalam menggunakan situs aplikasi Hak Tanggungan Elekronik yang dilihat dari dimensi uselfullness yaitu fungsi, usability yaitu kemudahan dalam penggunaan, dan Aesthetics yaitu tampilan antarmuka. Setelah menjabarkan pengalaman pengguna, penelitian ini membahasa bagaimana dampak yang terjadi akibat transformasi digital terhadap pengguna layanan. Dampak tersebut dibagi menjadi 2 (dua) hal yaitu dampak positif yang meliputi faktor-faktor efesiensi operasional, meningkatkan kinerja, memajikan industri dan masyarakat. Serta dampak negatif yang meliputi keamanan data dan informasi.

The development of technology and communication systems around the world is currently growing rapidly. This technological advancement brings various impact transformations. All sectors in life are starting to be touched by digital transformation, both in the private sector and the public sector. One of the public sector service providers of land field, the Ministry of Agrarian Affairs and Spatial Planning/National Land Agency has responded positively to digital transformation. This is established by transforming land services, one of which is the Mortgage Registration which was previously carried out conventionally, transformed into electronic. This study uses a qualitative descriptive approach with primary data sources in the form of interviews with informants and secondary data sources in the form of journals, data or other related documents. This study describes how the process of transformation of Mortgage Rights The results obtained from this research are the differences in the registration process to the issuance of Mortgage rights before and after digital transformation. These differences are described in several stages, including pre-registration, making Deeds of Granting Mortgage Rights, Registration of Mortgage Rights, Examination of Files, Publishing and Archiving. The output or output product is also different, if the Conventional Mortgage is in the form of a physical certificate that has a special blank with a small print on it, and the hologram then the Electronic Mortgage is in the form of a certificate with an electronic signature. After explaining the differences in registration, this study discusses the impact that occurs, especially on service users. Service users in the context of Mortgage Rights are Land Deed and Financial Services Officials. The impact of digital transformation begins with the user's experience in using the Electronic Mortgage application site as seen from the usefullness dimension, namely function, usability, namely ease of use, and Aesthetics, namely the interface. After describing the user experience, this research discusses the impact of digital transformation on service users. The impact is divided into 2 (two) things, namely the positive impact which includes operational efficiency factors, improving performance, promoting industry and society. As well as negative impacts which include data and information security.

Kata Kunci : Hak Tanggungan, Hak Tanggungan Elektronik, Transformasi digital sektor publik, Dampak Transformasi digital sektor publik, Layanan Elektronik Pertanahan