Laporkan Masalah

ANALISIS HUKUM TERHADAP PENGGABUNGAN TIGA BANK SYARIAH DI INDONESIA DALAM UPAYA HUKUM MENCEGAH TERJADINYA PRAKTIK PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT

DHIYA ZAHRA FAUZIYAH, Dr. Hariyanto., SH., M.Kn

2022 | Tesis | MAGISTER ILMU HUKUM (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini disusun oleh penulis untuk mengkaji, menganalisis dan membahas tentang suatu kejadian yang ada disekitar penulis yang diharapkan dapat memberikan informasi serta pengetahuan yang berguna bagi para pembaca. Penelitian ini juga sebagai syarat kelulusan penulis dalam menempuh derajat S-2 di fakultas hukum Universitas Gajah Mada. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah yuridis normatif dimana menggunakan bahan data primer dan sekunder seperti peraturan perundang-undangan lalu dilengkapi dengan tambahan data sekunder seperti buku dan jurnal sebagai bahan penelitian. Sifat penelitian ini disusun secara deskriptif analitis yang membuat penulis akhirnya dapat menarik kesimpulan dari suatu teori yang dikaitkan dengan suatu kejadian yang telah terjadi disekitar penulis dan menghasilkan analisa deduktif. Penulis juga menggunakan tehnik pengumpulan data observasi tidak langsung dengan memfokuskan penelitian kepada suatu pergerakan yang dilakukan oleh korporasi lalu dicatat secara sistematis dan kevalidatasannya dapat diperiksa berdasarkan alat pengumpulan data yang penulis gunakan. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa upaya hukum yang dilakukan oleh KPPU adalah dalam bentuk penilaian terhadap penggabungan berdasarkan data dan informasi dari ketiga perusahaan penggabungan dan mendapatkan hasil bahwa penggabungan tersebut tidak harus sampai wajib notifikasi/konsultasi; Sedangkan untuk upaya hukum dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk sendiri melakukan upaya hukum dengan menggunakan prinsip yang tercermin dari GCG (Good Corporate Government).

This research was compiled by the author to examine, analyze and discuss an incident that is around the author which is expected to provide useful information and knowledge for readers. In addition, this research is also a requirement for the author's graduation in pursuing a Master degree at the Faculty of Law of Gajah Mada University. The type of research used by the authors is normative which the authors using several primary data such as statutory regulations and laws as research materials other than that secondary data such as books and journals are to complete the elaboration of this research. This research is structured in an analytical descriptive manner which allows the writer to finally draw conclusions from a theory that is associated with an incident that has occurred around the author and produces a deductive analysis. The author also uses indirect observation data collection techniques by focusing research on a corporate action and then it is recorded systematically and its validity could be checked based on the data collection tool that the author uses. Based on the results of the research conducted, the authors can conclude that the legal action taken by KPPU is in the form of an assessment of the merger based on data and information from the three merging companies and obtains the result that the merger does not require mandatory notification/consultation; As for legal remedies, PT Bank Syariah Indonesia takes legal action using the principles reflected in GCG (Good Corporate Government).

Kata Kunci : Corporation, Penggabungan, Islamic Bank, Business Competition, Competition Law, Legal Remedies.

  1. S2-2023-465746-Abstract.pdf  
  2. S2-2023-465746-Bibliography.pdf  
  3. S2-2023-465746-TableofContent.pdf  
  4. S2-2023-465746-Title.pdf