Laporkan Masalah

HARMONISASI TATA KELOLA PERUSAHAAN UNTUK MEWUJUDKAN SINERGI DI PT BANK SYARIAH INDONESIA, TBK. SEBAGAI BANK HASIL PENGGABUNGAN TIGA BANK UMUM SYARIAH

MEDIANA PUSPITASARI, Dr. Khotibul Umam, S.H., LL.M.

2022 | Tesis | MAGISTER ILMU HUKUM (KAMPUS JAKARTA)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan prinsip kewajaran (fairness) dalam tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. sebagai Bank hasil penggabungan dari tiga bank umum syariah serta langkah harmonisasi yang dilakukan dalam pengelolaan Bank ditinjau dari prinsip kewajaran (fairness) sehingga terwujud sinergi di PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (Bank BSI). Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang menggunakan bahan kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Penelitian ini didukung dengan data primer melalui wawancara dengan narasumber dimana data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip kewajaran (fairness) di Bank BSI telah sesuai dengan ketentuan yang diamanatkan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 55/POJK.03/2016 Tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum. Adanya keterbukaan dan kesetaraan informasi kepada seluruh stakeholders melalui berbagai laporan yang diterbitkan di website Bank atau sarana komunikasi lainnya serta pemberian kesempatan yang sama bagi stakeholders untuk memberikan masukan dan menyampaikan pendapat bagi kepentingan Bank melalui akun atau kanal resmi yang disediakan oleh Bank dapat menghindari konflik/perselisihan di Bank BSI sebagai bank hasil penggabungan. Langkah-langkah harmonisasi yang dilakukan oleh Bank BSI berupa penyelarasan kebijakan dan standar prosedur yang digunakan pada kegiatan operasional; integrasi dan internalisasi budaya perusahaan kepada seluruh insan Bank BSI; penyempurnaan akad yang digunakan Bank; pemilihan produk yang digunakan serta penggunaan sistem tunggal (single system) sebagai corebanking di Bank BSI telah mewujudkan sinergi dalam kegiatan usaha Bank. Hal ini ditunjukkan oleh hasil kinerja Bank BSI di tahun 2021 dengan pencapaian laba Bank yang meningkat serta penambahan nilai bagi pemegang saham dan para pihak lainnya yang berkepentingan (stakeholders).

The purpose of this research to understand and analyze application of the principle of fairness in good corporate governance at PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. as a Bank resulting from the merger of three sharia commercial banks and the harmonization steps taken in managing the Bank in terms of the principle of fairness so that a synergy acquired at PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. (BSI Bank). This research is using a normative legal research to gain secondary data through library study. This research is also supported by primary data through interviews with informants where the data obtained is analyzed qualitatively with analytical descriptive methods. The results of the study show that the application of the principle of fairness at Bank BSI is in accordance with the provisions mandated in Financial Services Authority Regulation Number 55/POJK.03/2016 Concerning Implementation of Governance for Commercial Banks. There is transparency and equality of information to all stakeholders through various reports published in website Banks or other means of communication, as well as providing equal opportunities for stakeholders to provide input and express opinions for the benefit of the Bank through official accounts or channels provided by the Bank, its to avoid conflicts/disputes at Bank BSI as a merged bank. The steps for harmonization carried out by Bank BSI are in the form of: alignment of policies and standard procedures used in operational activities; integration and internalization of corporate culture to all Bank BSI personnel; the completion of the contract used by the Bank; the selection of products used as well as the use of a single system as corebanking at Bank BSI has created synergies in the Bank's business activities. This is shown by the results of Bank BSI's performance in 2021 with the achievement of increased Bank profits and added value for shareholders and other interested parties (stakeholders).

Kata Kunci : Tata Kelola Perusahaan, Good Corporate Governance, Prinsip Kewajaran (fairness)

  1. S2-2022-452915-abstract.pdf  
  2. S2-2022-452915-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-452915-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-452915-title.pdf