Laporkan Masalah

Pengaruh Persepsi Pemasaran Media Sosial Konsumen Pada Loyalitas Kategori Produk Fesyen Muslim di Indonesia

PANJI SAPUTRO HADI, Basu Swastha Dharmmesta, Prof. Dr., M.B.A.

2023 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Tujuan dari peneliti melalui penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi pemasaran media sosial konsumen, kesadaran merek, dan kesadaran nilai terhadap loyalitas kategori produk fesyen muslim yang ada di Indonesia. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan melakukan pengumpulan data menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring. Hasil penyebaran kuesioner didapatkan 160 responden yang sesuai dengan kriteria, hasil tersebut kemudian diolah menggunakan metode analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda serta analisis jalur berdasarkan Baron dan Kenny (1986). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pemasaran media sosial konsumen dan kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas kategori produk. Persepsi pemasaran media sosial konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek. Kemudian, kesadaran merek mampu memediasi secara parsial hubungan antara persepsi pemasaran media sosial konsumen dan loyalitas kategori produk.

The purpose of the researcher through this paper is to examine the influence of perceived social media marketing, brand consciousness, and value consciousness on Muslim fashion brand loyalty in Indonesia. Researcher used a quantitative approach and survey methods by spreading questionnaires online in data collection. The results of the questionnaire spread were obtained by 160 respondents who fit the criteria, then the result processed using simple linear regression and multiple linear regression analysis methods also path analysis based on Baron and Kenny (1986). The results of this research show that perceived social media marketing and brand consciousness have a positive and significant influence on brand loyalty. Perceived social media marketing has a positive and significant influence on brand consciousness. Then, brand consciousness is able to partially mediate the relationship between perceived social media marketing and brand loyalty.

Kata Kunci : persepsi pemasaran media sosial konsumen, kesadaran nilai, kesadaran merek, loyalitas kategori produk, fesyen muslim Indonesia/ perceived social media marketing, value consciousness, brand consciousness, product category, Indonesian Muslim fashion