Laporkan Masalah

KEBOSANAN AKADEMIK SISWA SMA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 DAN UPAYA MENGATASINYA

FINA HERLINA SARI, Faturochman, Prof. Dr., M.A.

2023 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Pandemi COVID-19 membuat siswa terpaksa menjalani pembelajaran daring dalam kurun waktu yang cukup lama hingga mengalami kebosanan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dan dinamika kebosanan akademik yang dialami oleh siswa selama pembelajaran daring. Desain pada penelitian ini yaitu desain eksploratori dengan pendekatan survei. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil survei terbuka terhadap 263 siswa SMA kelas 10 - 12 yang pernah atau sedang menjalani pembelajaran daring. Pengumpulan data dari responden penelitian dilakukan dengan teknik convenience sampling. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan metode text-mining pada teknik Natural Languange Processing (NLP) menggunakan bahasa pemrograman Python 3 dengan bantuan perangkat lunak Jupyter Notebook. Tahapan pengolahan data terdiri atas tahap pre-processing, analisis deskripsi, analisis sentimen, topic modelling, dan analisis tematik. Hasil penelitian menemukan bahwa anteseden yang memunculkan kebosanan pada siswa selama pembelajaran daring berupa faktor-faktor situasional akademik. Kebosanan yang dialami siswa memberikan beberapa dampak jangka panjang seperti kesulitan untuk fokus, semangat belajar menurun, malas belajar, malas mengerjakan tugas, dan kesulitan memahami materi pelajaran. Berbagai upaya telah dilakukan siswa untuk mengatasi kebosanan akademik, tetapi siswa tetap membutuhkan bantuan dari orang lain di sekitarnya.

The COVID-19 pandemic has forced students to undergo online learning for quite a long time, leading to academic boredom. This research aims to explore general description and dynamic of academic boredom on students during online learning. This research uses exploratory design with survey approach. This research uses primary data from open survey on 263 high school students grade 10 - 12 who experienced or have been experiencing online learning. Convenience sampling technique is used to collect the data. The data is analyzed using text-mining method in Natural Language Processing (NLP) through Python 3 programming language in Jupyter Notebook software. The stages of data analysis consist of pre-processing data, descriptive analysis, sentiment analysis, topic modelling, and thematic analysis. The result shows that antecedents of academic boredom during online learning related to situational factors of academic. Academic boredom has resulted long-term effect on students such as difficulty to focus, decreased enthusiasm for learning, laziness in study, laziness to working on task, and difficulty to understand the lesson. Students have done several strategies to cope with academic boredom, yet students still need some support from people around them.

Kata Kunci : Kebosanan akademik, pembelajaran daring selama COVID-19, NLP

  1. S2-2023-466702-abstract.pdf  
  2. S2-2023-466702-bibliography.pdf  
  3. S2-2023-466702-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2023-466702-title.pdf