Laporkan Masalah

Pembuatan Produk Kertas Seni dari Ampas Batang Aren dan Tepung Sekam dengan Variasi Proses Delignifikasi

IRHAM MUHAMMAD FAZA, Arita Dewi Nugrahini, S.T.P., M.T., Ph.D; Dr. Ir. Didik Purwadi, M.EC.

2023 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Penelitian ini merupakan penelitian yang berfokus pada pemanfaatan produk samping pertanian dengan mendaur ulang produk samping pertanian dengan mengolah produk samping ampas batang aren dan juga tepung sekam padi menjadi kertas seni. Pada prosesnya, juga ditambahkan bantuan dari kertas bekas untuk membentuk kertas produk samping ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu produk kertas seni berbahan dasar produk sisa pertanian serta mengetahui variasi perlakuan manakah yang memiliki nilai paling tinggi pada uji kualitas dan uji sensoris (ketertarikan). Perbandingan komposisi bahan tepung sekam padi (S), produk samping batang aren (B), dan kertas bekas (K) yang digunakan divariasikan kedalam tiga sampel yang dibagi menjadi sampel B1, sampel B2, dan sampel B3. Perbandingan komposisi pada sampel B1 (S:B:K = 1:1:1), pada sampel B2 (S:B:K = 2:1:1), dan pada sampel B3 (S:B:K = 1:2:1). Selain itu, dilakukan juga variasi pada saat proses delignifikasi. Penelitian ini menggunakan 3 variasi proses delignifikasi yang diantaranya adalah A1 (tanpa adanya proses delignifikasi), A2 (proses delignifikasi dengan menggunakan NaOH), dan yang terakhir adalah A3 (proses delignifikasi dengan bahan cairan enzim selulase). Hasil akhir nanti kemudian dicari nilai tertingginya pada aspek kualitas dan juga pada aspek sensoris (ketertarikan) dengan menggunakan metode zero one. Pada uji kualitas yang dilakukan, didapatkan sampel dengan nilai akhir paling tinggi adalah perlakuan A2B3. Dan pada uji sensoris yang dilakukan, nilai akhir paling tinggi terdapat pada perlakuan A1B2.

This research is a study that focuses on the use of agricultural waste by recycling agricultural waste by processing palm pulp waste and also rice husk flour into art paper. In the process, assistance from waste paper is also added to form this waste paper. The purpose of this study is to produce an art paper product made from agricultural waste products and find out which treatment variations have the highest value in quality tests and sensory tests (interest). The comparison of the composition of rice husk flour (S), palm stem waste (B), and waste paper (K) used was varied into three samples divided into B1 samples, B2 samples, and B3 samples. Composition comparison in sample B1 (S:B:K = 1:1:1), in sample B2 (S:B:K = 2:1:1), and in sample B3 (S:B:K = 1:2:1). In addition, variations are also carried out during the delignification process. This study used 3 variations of the delignification process, including A1 (without the delignification process), A2 (delignification process using NaOH), and the last one is A3 (delignification process with cellulase enzyme liquid material). The final result will then be searched for the highest value in the quality aspect and also in the sensory aspect (interest) using the zero one method. In the quality test conducted, the sample with the highest final value was the A2B3 treatment. And in the sensory test carried out, the highest final value was found in the A1B2 treatment.

Kata Kunci : Pengolahan Produk Samping, Tepung Sekam Padi, Produk Samping Ampas Batang Aren, Kertas Seni, Proses Delignifikasi

  1. S1-2023-446835-abstract.pdf  
  2. S1-2023-446835-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-446835-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-446835-title.pdf