Laporkan Masalah

Perumusan Strategi Pengembangan UMKM Kopi UD Berkah Alam dengan Menggunakan SWOT dan QSPM

HANA AZIZAH, Dr. Ir. Didik Purwadi, M.Ec.; Dr. Ir. Guntarti Tatik Mulyati, M.T.

2023 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

UD Berkah Alam merupakan salah satu UMKM pengolah kopi di Provinsi NTB. Dengan adanya perubahan kondisi lingkungan, UD Berkah Alam memiliki peluang yang besar untuk dapat mengembangkan usahanya berdasarkan jumlah permintaan kopi secara global maupun secara khusus kepada UD Berkah Alam dan total panen kopi di Provinsi NTB yang terus mengalami peningkatan. Namun begitu, UD Berkah Alam juga menghadapi hambatan dalam upaya pengembangan usahanya, baik berupa ancaman eksternal maupun yang berasal dari kelemahan internal. Oleh karena itu, perlu dilakukan perumusan strategi pengembangan UD Berkah Alam dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif strategi yang mendorong pengembangan UD Berkah Alam di tengah perubahan kondisi lingkungan yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui kegiatan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka serta literatur. Perumusan strategi dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu input stage, matching stage, dan decision stage, dengan memanfaatkan Matriks IFE dan EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis lingkungan UD Berkah Alam diperoleh skor IFE dan EFE sebesar 2,94778 dan 3,15873. Hasil ini menunjukkan UD Berkah Alam memiliki posisi internal yang cukup baik dan telah memanfaatkan peluang yang ada. Oleh karena itu, UD Berkah Alam berada di daerah 1 kuadran 2 pada Matriks IE, sehingga strategi yang tepat adalah strategi tumbuh dan berkembang. Strategi dengan nilai ketertarikan tertinggi berdasarkan QSPM adalah "Menjaga dan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dengan menjalin kerjasama yang lebih luas dengan petani kopi rempek serta menerapkan sistem manajemen mutu yang baik", dengan nilai STAS 6,0724.

UD Berkah Alam is one of coffee-processing MSMEs in NTB Province. Changes in environmental conditions gave UD Berkah Alam great opportunities to be able to develop its business based on the increasing of coffee's demand globally and specifically for UD Berkah Alam and the coffee yield in NTB Province. However, UD Berkah Alam also faced external and internal obstacles in its efforts to develop the business. Therefore, it was necessary to formulate a development strategy for UD Berkah Alam that could encourage its development in the midst of environmental changes. The method used in this research is descriptive qualitative analysis. The data were collected through observation, interviews, questionnaires, and literature studies. The strategy formulation is carried out in three stages, namely the input stage, matching stage, and decision stage, by utilizing the IFE and EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, and QSPM. The results of environmental analysis of UD Berkah Alam showed the IFE and EFE scores were 2.94778 and 3.15873. These results showed that UD Berkah Alam had a fair strong internally and was good at responding to existing opportunities. Therefore, on the IE Matrix, UD Berkah Alam was placed in area 1 quadrant 2, with the grow-and-develop strategy. The strategy with the highest interest score based on the QSPM was "maintaining and increasing the quality and quantity of production by establishing wider cooperation with rempek coffee farmers and implementing a good quality management system", with the score of STAS was 6.0724.

Kata Kunci : Kata Kunci: Perumusan Strategi, UMKM Kopi, UD Berkah Alam, SWOT, QSPM / Keywords: Strategy Formulation, Coffee SMEs, UD Berkah Alam, SWOT, QSPM

  1. S1-2023-413975-abstract.pdf  
  2. S1-2023-413975-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-413975-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-413975-title.pdf