Laporkan Masalah

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN JENIS TABUNGAN PERBANKAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (PM) DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) (STUDI KASUS: BANK TABUNGAN NEGARA)

MUHAMMAD KEVIN ROZAL, Retantyo Wardoyo, Drs., M.Sc., Ph.D.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Menabung merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menabung, salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh bank. Banyaknya pilihan jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank serta tidak adanya informasi kuantitatif yang memadai menyulitkan masyarakat dalam memilih jenis tabungan yang tepat. Oleh karena itu, diperlukan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk membantu calon nasabah dalam memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan mengembangkan SPK pemilihan jenis tabungan perbankan di Bank Tabungan Negara (BTN) berbasis web dengan menggunakan metode Profile Matching (PM) dengan interpolasi linear dan Simple Additive Weighting (SAW). Metode PM digunakan untuk menghitung tingkat perbedaan nilai data suatu alternatif dengan nilai yang diharapkan, metode interpolasi linear digunakan untuk proses normalisasi nilai gap dari kriteria alternatif. Metode SAW digunakan untuk menentukan besarnya bobot kriteria yang akan dinilai dan melakukan penjumlahan terbobot. Hasil penelitian berupa pengujian menunjukkan bahwa sistem yang telah dibangun dan dikembangkan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan menghasilkan informasi yang akurat dan dapat diandalkan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penambahan kriteria penilaian, pengaplikasian metode pengambilan keputusan lain, dan proses pengambilan data alternatif yang lebih akurat dengan berkonsultasi langsung dengan pihak yang terkait.

Saving is an action taken by the people to set aside a portion of their income to meet future needs. There are several ways to save, one of which is by using the services offered by banks. The many options for types of savings offered by banks and the lack of adequate quantitative information make it difficult for people to choose the right type of savings. Therefore, a Decision Support System (DSS) is needed to help potential customers choose the type of savings that suits their needs. This research aims to build and develop a DSS for selecting types of savings at the Bank Tabungan Negara (BTN) based on the web using the Profile Matching (PM) method with linear interpolation and Simple Additive Weighting (SAW). The PM method is used to calculate the level of difference in value of data of an alternative with the expected value, the linear interpolation method is used for the normalization process of the gap value of the alternative criteria. The SAW method is used to determine the size of the criteria weight to be evaluated and to perform weighted summation. The results of the research in the form of testing show that the system that has been built and developed can run well as expected and produce accurate and reliable information. Suggestions for further research include the addition of evaluation criteria, the application of other decision-making methods, and the process of obtaining alternative data that is more accurate by consulting directly with the relevant parties.

Kata Kunci : Tabungan, SPK, Profile Matching, Interpolasi Linear, SAW

  1. S1-2023-424192-abstract.pdf  
  2. S1-2023-424192-bibliography.pdf  
  3. S1-2023-424192-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-424192-title.pdf