Laporkan Masalah

Efektivitas Program Kemitraan Konservasi Taman Nasional Gunung Merapi dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat di Desa Tegalmulyo

M IRHAM SAPUTRA, Kristiani Fajar Wianti, S.Hut., M.Si.

2023 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Desa Tegalmulyo adalah salah satu desa yang melakukan kerja sama dengan skema kemitraan konservasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat dengan Taman Nasional Gunung Merapi. Kemitraan konservasi yang disepakati oleh pihak Desa Tegalmulyo dan Balai Taman Nasional Gunung Merapi telah memasuki masa pasca berlakunya perjanjian, oleh karena itu perlu diukur efektivitas dari kemitraan konservasi yang telah dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program kemitraan konservasi yang dilakukan oleh pihak TNGM dan Desa Tegalmulyo Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penilaian efektivitas kemitraan konservasi dilakukan dengan bantuan alat ukur efektivitas yang dirancang oleh peneliti berdasarkan konsep dari efektivitas oleh para ahli. Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara kepada masyarakat Desa Tegalmulyo dan pihak Taman Nasional Gunung Merapi, observasi pada lokasi kemitraan konservasi dan desk study dokumen yang berkaitan dengan kemitraan konservasi Hasil penelitian diperoleh bahwa kemitraan konservasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang dilakukan antara Desa Tegalmulyo dan Taman Nasional Gunung Merapi tergolong efektif dengan nilai 54 poin dari total 63 poin yang dilihat dari ketercapaian tujuan, ketepatan sasaran dan manfaat kepada masyarakat serta kawasan.

Tegalmulyo Village is one of the villages that collaborates with a conservation partnership scheme to improve community development within Mount Merapi National Park. The conservation partnership agreed between Tegalmulyo Village and Mount Merapi National Park has entered its postvalidation period. Hence, the effectiveness of its program needs to be measured. This study uses a quantitative approach. Assessment of the effectiveness of plantation partnerships is carried out with the help of effectiveness measuring instruments designed by researchers based on the concept of effectiveness by experts. The data collection method was carried out through interviews with the Tegalmulyo village community and the Mount Merapi National Park, observations at the location of the conservation partnership and desk study documents related to the conservation partnership This study aims to evaluate the effectiveness of the conservation partnership program implemented by TNGM and Tegalmulyo Village. Results showed that the conservation partnership program as a means of community development carried out between Tegalmulyo Village and Mount Merapi National Park is effective with a value of 54 points out of a total of 63 points in terms of objectives achievement, target accuracy, and benefits to the community and the area.

Kata Kunci : Kemitraan Konservasi, Efektivitas;Conservation Partnership, Effectiveness

  1. S1-2023-430145-Abstract.pdf  
  2. S1-2023-430145-Bibliography.pdf  
  3. S1-2023-430145-Tableofcontent.pdf  
  4. S1-2023-430145-Title.pdf