Laporkan Masalah

ANALISIS DAN OPTIMASI PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI MOBILE SIMASTER UNIVERSITAS GADJAH MADA DENGAN METODE DESIGN THINKING

WAHYU WIJIYANTO, Agus Sihabuddin, S.Si., M.Kom., Dr.; Dzikri Rahadian Fudholi, S.Kom., M.Comp.

2023 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Era globalisasi yang saat ini terus berkembang memberikan dampak yang nyata pada berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah semakin meningkatnya arus informasi sebagai akibat dari perkembangan sistem dan teknologi informasi yang sangat pesat. Universitas Gadjah Mada juga turut andil dalam pengembangan sistem dan teknologi informasi dengan meluncurkan aplikasi mobile dengan nama SIMASTER pada tahun 2017 lalu. Peluncuran aplikasi mobile SIMASTER bertujuan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah pengguna perangkat mobile di Indonesia serta untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang mengedepankan kepraktisan dan mobilitas. Namun, berdasarkan studi literatur yang telah penulis lakukan, peningkatan jumlah pengguna perangkat mobile ternyata tidak berbanding lurus dengan peningkatan jumlah pengguna aplikasi mobile SIMASTER. Selain itu, berdasarkan penelitian awal yang telah penulis lakukan terhadap 10 orang mahasiswa program sarjana Universitas Gadjah Mada, aplikasi mobile SIMASTER memiliki karakteristik pengalaman pengguna yang kurang baik pada aspek usable serta masih dapat ditingkatkan kualitasnya pada aspek useful dan enjoyable. Penulis juga menyimpulkan bahwa terdapat setidaknya 13 poin permasalahan dan kebutuhan pengguna aplikasi mobile SIMASTER yang terdiri dari 3 kategori, yaitu fitur, interaksi pengguna, dan desain visual. Hal ini tentu mengimplikasikan bahwa aplikasi mobile SIMASTER masih memiliki peluang pengembangan agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan. Dengan menggunakan metode design thinking, penulis melakukan analisis dan perancangan ulang terhadap desain antarmuka aplikasi mobile SIMASTER untuk kemudian diuji dengan metode usability testing, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasilnya, prototipe aplikasi mobile SIMASTER yang dirancang oleh penulis berhasil memberikan pengalaman pengguna yang lebih memuaskan dengan menghasilkan nilai completion rate sebesar 95,45%, nilai time based efficiency sebesar 0,19 goals/sec, nilai single ease question sebesar 6,73 dari 7, dan nilai system usability scale sebesar 90,75 dari 100.

The era of globalization which is currently growing has a big impact on various aspects of human life, one of them is the increasing flow of information as a result of the rapid development of information systems and technology. Universitas Gadjah Mada is also took part in the development of information systems and technology by launching a mobile application called SIMASTER in 2017. The SIMASTER mobile application aims to accommodate the increasing number of mobile device users in Indonesia, as well as to meet the users needs who prioritize practicality and mobility aspect. However, based on the literature study that researcher have done, the increasing number of mobile device users is not directly proportional to the increasing number of SIMASTER mobile application users. In addition, based on the preliminary research that researcher have conducted on 10 undergraduate students of Universitas Gadjah Mada, the SIMASTER mobile application has a bad user experience characteristic on its usable aspect and still can improved on its useful and enjoyable aspect. It's also concludes that there are at least 13 items of problems and needs of SIMASTER mobile application users which consists of 3 categories, that is feature, user interaction, and visual design. It's implies that the current SIMASTER mobile application still has a number of development opportunities in order to provide a better user experience. Using the design thinking method, the authors conducted a deep analysis and redesigned the interface of SIMASTER mobile application. The prototype was tested using the usability testing method, both quantitatively and qualitatively. As a result, the prototype of SIMASTER mobile application succeeded in providing a better user experience by producing a completion rate score of 95,45%, a time-based efficiency score of 0,19 goals/sec, a single ease question score of 6,73 out of 7, and a system usability scale score of 90.75 out of 100.

Kata Kunci : Design Thinking, SIMASTER, System Usability Scale (SUS), User Experience (UX), User Interface (UI), Usability Testing