Peran Resiliensi dan Dukungan Sosial terhadap Keterikatan Kerja pada Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi
FAUZIA WATI, Yuli Fajar Susetyo, Dr., S. Psi., M. Si., Psikolog
2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIPerubahan masif dan mendadak pada sektor pendidikan akibat pandemi Covid-19 memberikan dampak pada keterikatan kerja guru. Keterikatan kerja guru sangat dibutuhkan agar pembelajaran jarak jauh di masa pandemi dapat berlansung dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap keterikatan kerja yang dimiliki oleh guru SD yang melaksanakan PJJ. Metode penelitian ini adalah mix method dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 97 guru SD di Kabupaten Lima Puluh Kota (Sumatera Barat) yang mengisi skala dan open ended questions secara daring. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ada peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap work engagement (p < 0.05; R2 = 0.653). Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya resiliensi dan dukungan sosial yang didapatkan oleh seorang guru untuk meningkatkan keterikatan kerja saat menjalani pembelajaran jarak jauh.
Massive and sudden changes in the education sector due to the Covid-19 pandemic have an impact on the teachers work engagement. The engagement of teachers is very much needed so that distance learning (PJJ) during the pandemic can take place properly. The purpose of this study was to examine the role of resilience and social support toward work engagement of elementary school teachers who implement PJJ. This research method is a mix method with a sampling technique using purposive sampling that involved 97 elementary school teachers in the Lima Puluh Kota regency (West Sumatra). The respondents participated in filling in the scale and open-ended questions online. The results of multiple regression analysis showed that there was a role between resilience and social support on work engagement (p < 0.05; R2 = 0.653). The results of this study indicated the importance of resilience and social support obtained by a teacher, in order that they have a strong work attachment while implementing PJJ.
Kata Kunci : dukungan sosial, guru SD, keterikatan kerja, pembelajaran jarak jauh, resiliensi