Laporkan Masalah

Peran Celebrity Worship dan Sikap Terhadap Brand Ambassador pada Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Lokal

BRENNA AZHRA SYAHADATI, Prof. Dr. Hj. Avin Fadilla Helmi, M.Si.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Berbagai perusahaan bidang kosmetika lokal menggandeng para selebriti K-Pop sebagai brand ambassador demi meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya peran celebrity worship penggemar K-Pop terhadap keputusan pembelian produk kecantikan dari brand lokal dimana selebriti K-Pop menjadi brand ambassador produk tersebut. Terdapat 161 partisipan yang merupakan penggemar K-Pop berusia 18-25 tahun yang didapat dengan teknik purposive sampling. Menggunakan analisis regresi linear berganda, hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity worship yang dialami penggemar dan sikap terhadap brand ambassador baik secara bersama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan brand lokal sebesar 31,2%.

Various local cosmetic companies have adopted K-Pop celebrities as their brand ambassador to increase sales. The research plans to see whether or not there will be an impact on the celebrity worship of K-Pop idols with the decision to buy beauty products from a local brand where k-pop celebrities become the brand ambassador of the product. There were 161 participants who are 18-25 year old k-pop fans taken with purposive sampling technique. Using multiple linear regression analysis, research indicates that the celebrity worship experienced by fans and attitudes towards brand ambassador both together have a significant impact on the decision to buy local brand beauty products by 31,2%.

Kata Kunci : celebrity worship, k-pop, brand ambassador, keputusan pembelian, kosmetik lokal

  1. S1-2022-412935-abstract.pdf  
  2. S1-2022-412935-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-412935-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-412935-title.pdf