Rancangan Model Bisnis Nestvee Juice Bar: Kedai Minuman Berbahan Dasar Sarang Burung Walet dan Makanan Sehat
DAMAI GITA AKHMAD, Prof. Nurul Indarti, Sivilokonom., Cand.Merc., Ph.D.,
2022 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini dilakukan untuk merancang model bisnis dan melakukan studi di Nestvee Juice Bar. Nestvee Juice Bar merupakan usaha bisnis kedai minuman sehat dengan menawarkan jenis minuman dan makanan pendamping yang berbahan alami. Produk utama yang ditawarkan pada penelitian ini adalah cold-pressed juice sarang walet. Cold-pressed juice sarang walet merupakan minuman yang terbuat dari sari buah dan sayur segar serta campuran sarang burung walet yang telah diolah. Jus buah dan sayur serta sarang burung walet memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Jus buah dan sayur merupakan sumber serat yang sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi. Sarang burung walet dipercaya memiliki nutrisi yang kaya akan protein dan mineral serta asam amino esensial dan non esensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan didukung oleh data kuantitatif. Metode kualitatif yang digunakan untuk memahami perilaku dan tanggapan calon pelanggan serta model bisnis yang digunakan oleh para pelaku bisnis minuman sehat. Data kuantitatif yang digunakan sebagai bahan pertimbangan dimana model bisnis Nestvee Juice Bar layak dijalankan atau tidak dihitung menggunakan net present value (NPV), internal rate of return (IRR), dan payback period (PP). Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dan survei. Wawancara dilakukan kepada pelaku bisnis minuman sehat yaitu Akkar Juice Bar dan Mommy's Kitchen. Pertanyaan pada kuesioner berupa pertanyaanaan untuk memenuhi kriteria peta empati yang disusun menggunakan formulir Google. Hasil penelitian ini menunjukkan minat calon pelanggan positif terhadap produk minuman sehat cold-pressed juice sarang walet. Calon pelanggan yang membutuhkan informasi manfaat produk yang jelas dan penyediaan produk minuman sehat yang sesuai dengan kebutuhan. Hasil ini digunakan sebagai dasar untuk memperkuat proposisi nilai Nestvee Juice Bar. Berdasarkan hasil uji bisnis didapatkan nilai net present value (NPV) sebesar Rp.281.486.406 dengan nilai internal rate of return (IRR) sebesar 44% dan nilai payback period (PP) selama 1 tahun 8 bulan. Perhitungan yang dilakukan menunjukkan bahwa bisnis ini layak untuk dijalankan.
This research was conducted to design a business model and conduct a feasibility study for Nestvee Juice Bar. Nestvee Juice Bar is a healthy beverage shop that offers various drinks and side dishes made from natural ingredients. The main product offered in this research is cold-pressed juice of swallow nest. Cold-pressed swallow nest juice is a drink made from fresh fruit and vegetable juices and a mixture of processed swallow nests. Fruit and vegetable juices and swallow nests have many health benefits for the body. Fruit and vegetable juices are essential sources of fiber to maximize nutrient absorption. Swallow's nest is believed to have nutrients rich in protein and minerals and essential and non-essential amino acids. The method used in this study is qualitative and is supported by quantitative data. Qualitative methods are used to understand the behavior and responses of potential customers and the business model used by healthy beverage business people. Quantitative data is used as a consideration of whether the Nestvee Juice Bar business model is feasible or not, which is calculated using net present value (NPV), internal rate of return (IRR), and payback period (PP). The data used in this study were obtained through interviews and surveys. Interviews were conducted with healthy drink business people, namely Akkar Juice Bar and Mommy's Kitchen. The questions on the questionnaire are in the form of questions to meet the criteria for an empathy map compiled using a Google form. The results of this study indicate the positive interest of potential customers toward healthy beverage products, cold-pressed juice, and swallow nests. Prospective customers need clear product benefit information and the provision of healthy beverage products that suit their needs. These results are used as the basis for strengthening the value proposition of the Nestvee Juice Bar. Based on the results of the business feasibility test, the net present value (NPV) was Rp.281,486,406 with an internal rate of return (IRR) of 44% and a payback period (PP) of 1 year and eight months. Calculations are done to show that this business is feasible to run.
Kata Kunci : Model Bisnis, Cold-pressed Juice, Sarang Burung Walet.