Laporkan Masalah

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Perawatan Prakonsepsi Dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Perawatan Prakonsepsi Pada Wanita Usia Subur

LITANI AZ ZAHRA, Ika Parmawati, S.Kep., Ns., M.Kep.;Elsi Dwi Hapsari, S.Kp., M.S., D.S.

2022 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATAN

Latar Belakang: Perawatan kesehatan prakonsepsi dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat. Namun, saat ini perilaku perawatan prakonsepsi masih cenderung rendah. Rendahnya perilaku perawatan prakonsepsi salah satunya dipengaruhi oleh rendahnya pengetahuan perawatan prakonsepsi. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan kesehatan dengan media video animasi terhadap pengetahuan perawatan prakonsepsi pada wanita usia subur. Metode: Penelitian quasi experiment dengan pretest-posttest with control group design yang dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2022. Teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling dengan jumlah sampel 35 wanita usia subur. Kelompok intervensi mendapatkan pendidikan kesehatan dengan media video animasi sedangkan kelompok kontrol dengan media booklet selama 2 minggu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan tentang perawatan prakonsepsi yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Wilcoxon. Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pengetahuan pada kelompok intervensi (p=0,104). Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pengetahuan pada kelompok kontrol (p=0,024). Tidak terdapat perbedaan signifikan antara selisih skor pengetahuan kesehatan tentang perawatan prakonepsi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p=0,368). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan pengetahuan antara wanita yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan media video animasi dengan media booklet. Kata Kunci: prakonsepsi, wanita usia subur, pengetahuan, pendidikan kesehatan, video animasi

Background: Preconception health care is required to prepare for a healthy pregnancy. However, nowadays, preconception care behaviour still tends to be low. The poor knowledge of preconception care influences the low behaviour of preconception care. Efforts that can be made to improve the knowledge are by providing health education. Research Objectives: To determine the effect of health education with animated video on knowledge of preconception care in women of childbearing age. Methods: The quasi-experimental research with pretest-posttest with control group design was carried out from March to June 2022. The sampling technique was consecutive, with a total sample of 35 women of childbearing age (WCA). The intervention group received health education with animated video, while the control group received education with booklet for 2 weeks. The data collection used a knowledge questionnaire on preconception care with valid and reliable items. Mann-Whitney test and Wilcoxon test were used as the data analysis. Results: There was no significant difference between the pretest and posttest knowledge scores about preconception care in the intervention group (p=0,104). There was significant difference between the pretest and posttest knowledge scores about preconception care in the control group (p=0,024). There was no significant difference between health knowledge scores about preconception care in the intervention group and control group (p=0,368). Conclusion: There was no difference of knowledge between woman who receive health education with animated video and health education with booklet. Keywords: preconception, women of childbearing age, knowledge, health education, animated video.

Kata Kunci : prakonsepsi, wanita usia subur, pengetahuan, pendidikan kesehatan, video animasi/preconception, women of childbearing age, knowledge, health education, animated video

  1. S1-2022-423831-abstract.pdf  
  2. S1-2022-423831-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-423831-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-423831-title.pdf