Kebutuhan Informasi dan Kepuasan tentang Informasi yang Diterima pada Pasien Kanker di Sepanjang Tahap Perawatan Kanker
GANIS SURYA PRATIWI, Haryani, S.Kp., M.Kes., Ph.D; Dr. Heny Suseani Pangastuti, S.Kp., M.Kes
2022 | Skripsi | S1 ILMU KEPERAWATANLatar Belakang: Setiap pasien kanker memiliki kebutuhan informasi yang berbeda-beda. Kebutuhan informasi pasien kanker dapat berubah sesuai dengan tahap perjalanan kanker yang sedang dijalani. Kebutuhan informasi pasien kanker dapat dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, tipe dan stadium penyakit, waktu sejak diagnosis, pendidikan, etnis, status sosial ekonomi, dan strategi koping. Informasi yang jelas sangat penting bagi pasien kanker dalam mengatasi penyakitnya. Kurangnya informasi kesehatan yang dimiliki pasien dapat menurunkan tingkat kepuasan pasien. Apabila pasien kanker diberikan informasi yang tidak memadai, maka tingkat kepuasan pasien tentang pemberian informasi akan rendah. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui gambaran kebutuhan informasi dan kepuasan tentang informasi yang diterima pada pasien kanker di sepanjang tahap perawatannya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada Bulan April-Juni 2022. Responden penelitian ini adalah 159 pasien kanker di Instalasi Kanker Terpadu Tulip RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta menggunakan teknik consecutive sampling. Instrumen Cancer Patient Information Importance/Satisfaction Tool digunakan untuk mengukur kebutuhan informasi dan kepuasan tentang informasi yang diterima. Analisis data menggunakan analisis univariat meliputi rata-rata, presentase, frekuensi dan standar deviasi. Hasil: Rentang skor total untuk tiap subskala adalah 0 hingga 48. Skor rata-rata nilai total subskala kebutuhan informasi pasien pre terapi adalah 41,79 ± 7,44, pada pasien intra terapi adalah 41,51 ± 6,07, dan pada pasien post terapi adalah 41,57 ± 4,66. Skor rata-rata nilai total subskala kepuasan informasi pasien pre terapi adalah 32,82 ± 13,64, pada pasien intra terapi adalah 38,86 ± 6,31, dan pada pasien post terapi adalah 37,52 ± 7,65. Kesimpulan: Pasien kanker pre terapi memiliki kebutuhan informasi yang lebih tinggi dan kepuasan informasi yang lebih rendah dibandingkan pasien kanker intra terapi dan post terapi. Kata Kunci: Kanker, Kebutuhan Informasi, Kepuasan tentang Informasi yang Diterima
Background: Every cancer patient has different information needs. Information needs of cancer patients can change according to the stage of the cancer journey being undertaken. Information needs of cancer patients can be influenced by gender, age, type and stage of disease, time since diagnosis, education, ethnicity, socioeconomic status, and coping strategies. Clear information is very important for cancer patients in overcoming their disease. Lack of health information owned by patients can reduce the level of patient satisfaction. If cancer patients are given inadequate information, the level of patient satisfaction about providing information will be low. Objective: To describe the information needs and satisfaction about the information received in cancer patients throughout the stages of treatment. Method: This research was a descriptive study with a quantitative approach and cross sectional design. This research was conducted in April-June 2022. The respondents of this study were 159 cancer patients at the Instalasi Kanker Terpadu Tulip RSUP Dr.Sardjito Yogyakarta used consecutive sampling technique. Cancer Patient Information Importance/Satisfaction Tool was used to measure information needs and information satisfaction about information received. Univariate analysis including mean, percentage, frequency and standard deviation were used to analyze the data. Result: The total score range for each subscale is 0 to 48. The mean score of the total value of the pre-therapy patient information needs subscale is 41.79 ± 7.44, in intra-therapy patients is 41.51 ± 6.07, and in post-therapy patients is 41.57 ± 4.66. The mean score of the total value of the pre-therapy patient satisfaction subscale was 32.82 ± 13.64, in intra-therapy patients was 38.86 ± 6.31, and in post-therapy patients was 37.52 ± 7.65. Conclusion: Pre-therapy cancer patients have higher information needs and lower information satisfaction than intra- and post-therapy cancer patients. Keywords: Cancer, Information Needs, Satisfaction with Information
Kata Kunci : Kanker, Kebutuhan Informasi, Kepuasan tentang Informasi yang Diterima/ Cancer, Information Needs, Satisfaction with Information