Laporkan Masalah

The Relationship Between Social Media Addiction Tendency, Body Image Dissatisfaction, and Self-esteem among University Student

MARIA LEONY E, Restu Tri Handoyo

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Saat ini media sosial sudah menjadi platform yang digunakan sehari-hari, terutama oleh kaum muda. Media sosial memberikan banyak manfaat, contohnya adalah membantu dalam kegiatan akademik, membagikan momen bahagia, dan masih banyak lagi. Terlepas dari manfaatnya, media sosial juga dihubungkan dengan dampak negative, dan itu adalah menurunnya self-esteem dan kepuasan citra tubuh para penggunanya. Penelitian ini menggunakan kuesioner online dan dibagikan melalui media sosial. Terdapat 221 mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini dan mereka diberikan 3 instrumen untuk mengukur adiksi sosial media, self-esteem, dan ketidakpuasan terhadap citra tubuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Korelasi Rank Spearman. Penelitian ini memperoleh nilai korelasi antara adiksi media sosial dengan self-esteem sebesar 0.123 dan nilai p = 0.068 (p<0.05), menunjukan hubungan yang lemah dan tidak signifikan. Penemuan lainnya adalah penelitian ini memperoleh korelasi antara kecanduan media sosial dan ketidakpuasan citra tubuh sebesar 0.495 dan nilai p = 0.000 (p<0.05), menunjukkan hubungan yang kuat dan signifikan. Temuan terakhir adalah penelitian ini memperoleh korelasi antara self-esteem dan ketidakpuasan citra tubuh sebesar 0.423 dan nilai p = 0.000 (p<0.05), menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan.

In this era, social media has been a daily used platform, especially among youth. Social media use can give benefits, such as help students in academic activity, share happy moments, and many more. Despite the benefit, social media is also associated with negative impacts, and two of those are the level of self esteem and body image of the user decreased. In this research, the author used an online questionnaire and shared it through social media. There are 221 university students who joined this research and were given 3 instruments to measure social media addiction, self-esteem, and body image. The analysis technique that was used is Rank Spearman Correlation Test. The result of this study obtained a correlation value between social media addiction and self-esteem of 0.123 and a value of p = 0.068 (p<0.05), indicating a weak relationship. Another finding was this study obtained a correlation between social media addiction and body image dissatisfaction of 0.495 and a value of p = 0.000 (p<0.05), indicating a strong and significant relationship. The last findings was this study obtained a correlation between self-esteem and body image dissatisfaction of 0.423 and a value of p = 0.000 (p<0.05), indicating that there was a strong and significant relationship.

Kata Kunci : social media, self-esteem, body image, university students

  1. S1-2022-425549-abstract.pdf  
  2. S1-2022-425549-Bibliography.pdf  
  3. S1-2022-425549-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-425549-title.pdf