Laporkan Masalah

Pengaruh Penyuluhan Higiene dan Sanitasi terhadap Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Penjamah Makanan di Pondok Pesantren Annur Polanharjo, Klaten

RIANA WINDA DEWI, Dr. Fatma Zuhrotun Nisa', STP., MP; Ika Ratna Palupi, S.Gz., M.Sc., RD

2022 | Skripsi | S1 GIZI KESEHATAN

Latar belakang: Keamanan pangan sudah semestinya diupayakan dimana saja dan kapan saja. Tidak terkecuali di pondok pesantren sebagai salah satu institusi yang terus beroperasi bahkan saat pandemi Covid-19. Pengetahuan, sikap dan perilaku higiene dan sanitasi penjamah makanan di pondok pesantren sebagai sebuah proses suksesif yang berkaitan dapat dipengaruhi oleh edukasi dan promosi. Salah satu metode edukasi yang serupa dengan yang digunakan di Pondok Pesantren Annur adalah metode ceramah diikuti pemberian handout/rangkuman materi. Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan higiene dan sanitasi dengan metode ceramah diikuti dengan pemberian handout materi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku penjamah makanan di Pondok Pesantren Annur Polanharjo, Klaten. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental dengan desain pretest dan posttest. Pengumpulan data pengetahuan dan sikap dilakukan menggunakan kuesioner sedangkan data peilaku menggunakan observasi langsung dengan alat bantu checklist atau daftar tilik. Hasil: Analisis statistik menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada variabel pengetahuan dan sikap higiene dan sanitasi responden sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan dengan nilai P 0,063 dan 0,448. Sementara itu, terdapat perbedaan yang signifikan pada perilaku higiene dan sanitasi responden sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan dengan nilai P 0,001. Kesimpulan: Penyuluhan higiene sanitasi dengan metode ceramah tanya jawab diikuti dengan pemberian handout materi dalam penelitian ini tidak signifikan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap higiene dan sanitasi, namun terdapat perbaikan yang signifikan pada perilaku higiene dan sanitasi penjamah makanan di Pondok Pesantren Annur Polanharjo, Klaten.

Background: Food safety should always be prioritized anywhere and at any time. No exception in Islamic boarding schools as one of the institutions that keep operating even during the Covid-19 pandemic. Food handlers’ knowledge, attitude, and practice of hygiene and sanitation in Islamic boarding schools as a linked successive process can be influenced by education and promotion. One of the methods of education identical to the one used in Annur Islamic Boarding School is a lecture followed by giving the material resume. Aim: To identify the impact of hygiene and sanitation education using the lecture method followed by giving the material resume, on knowledge, attitude and practice among food handlers in Annur Islamic Boarding School Polanharjo, Klaten. Methods: This research was conducted in a quasi-experimental method with one group pretest and posttest design. The knowledge and attitude data were collected using a questionnaire while the practice data was collected by observation aided by a checklist. Results: Statistical analysis shows there are no significant changes in food handlers’ hygiene and sanitation knowledge and attitude before and after the education with P values of 0,063 and 0,448 respectively. Meanwhile, there are significant changes (increased) in their practices of hygiene and sanitation before and after the education with a P value of 0,001. Conclusion: Hygiene and sanitation education using the lecture method followed by giving the material resume in this research is not significantly impactful towards food handlers’ knowledge and attitude, but there are significant changes in their practices.

Kata Kunci : Penyuluhan, Higiene dan Sanitasi, Pengetahuan Sikap dan Perilaku, Penjamah Makanan, Pondok Pesantren

  1. S1-2022-429868-abstract.pdf  
  2. S1-2022-429868-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-429868-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-429868-title.pdf