Laporkan Masalah

Pengembangan Library Sistem Penilaian Otomatis Kode Pemrograman Bahasa Python

ANALICIA BELLA M, Syukron Abu Ishaq Alfarozi, S.T., Ph.D.; Sri Suning Kusumawardani, Dr., S.T., M.T.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Pandemi COVID-19 membuat tranformasi besar pada bidang pendidikan. Seluruh satuan pendidikan perlu melakukan adaptasi dalam pembelajaran jarak jauh (daring) dengan tetap memberikan pembelajaran yang berkualitas. Salah satu platform e-learning yang sering digunakan di berbagai perguruan tinggi adalah Learning Management System (LMS). Dosen dapat memberikan berbagai macam metode untuk meningkatkan kompetensi, kualitas, dan kemampuan mahasiswa melalui serangkaian kuis dan tugas yang diberikan. Terutama pada pembelajaran kode pemrograman, diperlukan banyak latihan menulis kode pemrograman dari serangkaian masalah mulai dari yang simpel hingga kompleks untuk dapat mengembangkan skill dan kompetensi tersebut. Namun, tentu saja membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak bagi dosen untuk mengoreksi, dan mengevaluasi hasil kode pemrograman mahasiswa secara manual pada setiap individu, terlebih lagi jika dalam sebuah kelas tersebut memuat ratusan hingga ribuan mahasiswa. Untuk menjawab masalah tersebut, penulis menawarkan solusi yaitu membuat sebuah sistem penilaian otomatis untuk bahasa Python yang dapat secara otomatis mengevaluasi hasil kerja para mahasiswa dan memberikan feedback secara instan. Pada dokumen ini penulis merancang, membuat dan menguji penilaian otomatis kode pemrograman bahasa Python yang mengadopsi pendekatan black box di mana melihat dari perilaku kode tersebut terhadap kasus uji yang diberikan. Setelah dilakukan pengujian terhadap beberapa macam kondisi tidak terduga dilakukan sedikit penambahan dari rancangan untuk dapat menanggulangi kondisi-kondisi tersebut. Melihat pemenuhan kebutuhan fungsionalitas sistem yang baik dari hasil pengujian, penilaian otomatis ini akan dapat membantu mempersingkat proses evaluasi dan penilaian kode pemrograman mahasiswa secara otomatis, sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan optimal.

COVID-19 pandemic has made a major transformation in education field. All educational units need to adapt in distance learning (online) while still maintaining quality learning. One of the e-learning platforms that often used in universities is the Learning Management System (LMS). Especially in learning programming code, it takes a lot of practice to develop skills and competencies in writing code to solve problem from simple to complex. However, of course it takes a lot of time and effort to grade student programming code one by one individually, especially if the class contains hundreds of students. To answer this problem, the author offers to create an automated grading system that automatically produce student work and provide instant feedback. In this document, the author designs, creates and tests an assessment of the Python programming code that adopts a black box approach, which test the behavior of the code with the given case.

Kata Kunci : Distance Learning, Learning Management System, Automated Grading System

  1. S1-2022-425297-abstract.pdf  
  2. S1-2022-425297-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-425297-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-425297-title.pdf