Laporkan Masalah

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PESERTA PELATIHAN KARYAWAN DENGAN METODE WASPAS (STUDI KASUS PT. CLOUDARON JAYA INDONESIA)

BRYAN DWISON, Dr. Sri Mulyana, M.Kom.

2022 | Skripsi | S1 ILMU KOMPUTER

Dalam manajemen karyawan, dari setiap divisi pada umumnya melakukan pelatihan untuk beberapa karyawan dengan tujuan untuk memperluas pengalaman, wawasan, meningkatkan produktivitas kerja serta kemampuan karyawan. Jumlah karyawan dan jenis bidang pekerjaan bervariasi, sedangkan dana yang disiapkan juga terbatas. Hal ini menyebabkan perusahaan harus mengatur strategi dan memutuskan peserta yang ditugaskan untuk mengikuti pelatihan dengan tepat, terkadang hasil penilaian tidak sesuai dengan harapan, karyawan yang seharusnya tidak berhak mengikuti pelatihan terpilih mengikuti pelatihan tersebut dan sebaliknya. Untuk membantu perusahaan dalam memilih peserta pelatihan karyawan, dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap karyawan dalam pemilihan peserta pelatihan. Metode yang akan digunakan adalah Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). Sistem pendukung keputusan yang dimaksudkan dapat menghasilkan sistem penilaian dengan akurat dan tepat sasaran dalam melakukan penilaian karyawan serta menjaga kualitas sumber daya manusia agar dapat mengikuti perkembangan dan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Sistem Pendukung Keputusan pemilihan peserta pelatihan karyawan berbasis web menggunakan metode WASPAS, sistem ini mampu memberikan rekomendasi karyawan yang yang memenuhi kualifikasi untuk dapat mengikuti pelatihan karyawan berdasarkan penilaian yang diberikan pada setiap kriteria penilaian.

In employee management, each division generally conducts training for several employees with the aim of expanding experience, insight, increasing work productivity and employee capabilities. The number of employees and the type of field of work vary, while the funds prepared are also limited. This causes the company to have to set a strategy and decide on the participants who are assigned to attend the training appropriately, sometimes the assessment results are not in accordance with expectations, employees who should not be entitled to take part in the training are selected to attend the training and vice versa. Therefore, a Decision Support System is needed that can be used to assess employees in the selection of trainees. The method used is Weighted Aggregated Sum Product Assessment (WASPAS). The intended decision support system can produce an accurate and targeted assessment system in conducting employee assessments and maintaining the quality of human resources in order to follow developments and improve the competence of human resources. The result of the research that has been carried out is the Decision Support System for selecting web-based employee trainees using the WASPAS method, this system is able to provide recommendations for employees who meet the qualifications to be able to take part in employee training based on the assessment given on each assessment criterion.

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, WASPAS, Pelatihan Karyawan

  1. S1-2022-409430-abstract.pdf  
  2. S1-2022-409430-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-409430-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-409430-title.pdf