Laporkan Masalah

Media pamer pajang dalam perspektif budaya konsumen di Indonesia

TIONO, Agus, Prof.Dr. R.M. Soedarsono

2003 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa

Tesis ini pada dasarnya merupakan kajian interpretatif terhadap media pamer pajang yang memiliki perm yang sangat besar dalam pemasaran dan penjualan suatu produk. Dengan menggunakan simbolsimbol yang memiliki arti tertentu untuk mewakili suatu produk, sehingga menjadikan produk tersebut tidak hanya sekedar benda pakai yang fungsional akan tetapi mengubahnya menjadi nilai lebih dan menjadikannya sebagai gaya hidup (Zqe style), yang merupakan tuntutan manusia modem. Budaya konsumen dijadikan acuan untuk mempelajari dan mengetahui perilaku konsumen yang berlaku dalam masyarakat, sehingga dapat diketahui apa keinginan dan tuntutan yang berlaku dalam masyarakat tertentu. Dengan menggunakan prinsip pemasaran (marketing principle) AIDCA yang diterapkan dalam media pamer pajang menjadikan proses interaksi yang lebih kuat, dalam mengrkat konsumen dengan menonjolkan dari sisi visual. Ini merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga dalam menyiasati pemasaran produk secara cerdas dan kreatif. Dalam kajian diakronis, perkembangan media pamer pajang selalu seiring , dengan dibuatnya pusat-pusat pembelanjaan yang terus berkembang dari tempat sederhana hingga pusat perbelanjaan yang mewah. Sebenarnya kegiatan belanja atau transaksi merupakan kegiatan yang sudah ada semenjak peradaban manusia ada, karena ini merupakan kebutuhk mendasar untuk memenuhi kebutuhan manusia. Media parner pajang hadir semenjak terjadinya persaingan yang ketat untuk memenangkan persaingan dalam menjual produk pada konsumen. Dari kajian interpretatif ternyata media pamer pajang dapat memberikan citra tersendiri terutama dalam pencitraan suatu produk, calon pelanggan dapat tertahan untuk sebentar memperhatikan dari produk yang di dispZay pada sebuah etalase toko. Dengan kekuatan tertentu calon pelanggan akan tersedot masuk ke dalam toko, sehingga dimulailah keinginan bertransaksi pembelian, pengambilan keputusan untuk membeli ditentukan di sini, selain ditunjang oleh pelayanan juga sistem penjualan lainnya. Untuk memahami ada apa di balik tanda-tanda yang ada dalam media pamer pajang diambil sebagai salah satu contoh produk Nike. Nike merupakan salah satu produk yang sangat memperhatikan dan mempersiapkan dengan matang media pendukung dari produk tersebut dalam sebuah media pamer pajang, sebelum produk-produhya dipasarkan. Dengan kematangan persiapan ini menjadikan pnxluk ini tidak hanya produk yang unggul dalam kualitas akan tetapi juga citra yang tinggi sebagai brand yang mendunia.

This thesis basically an interpretative study to the visual merchandising media as the important artifact of the modern marketing tool. Visual merchandising employs sign and symbols to tranfer a certain meaning to the audience. It the present a product image, that makes the product more than merely fungsional substance. With visual device product is then connected with the extrinsic =value added” nature of symbolical meaning such as happines, and life-style. Consumer culture is the reference of this study. Within this consumer culture framework, this study will be started with an quiry into the consumer’s needs and wants. The maerketing komunication principles will also be employed to know how adotion process of Awareness-Interest-Desire- Action (AIDA) operates in the visual merchandising media. Visual aspect of the media will be the focus of this study, in order to reveal how interactive commercial persuasive processes is getting stronger to the consumer. This will be important aspect of the study. In the diacronic study, visual merchandising media have developed along the lines of development of stores, that was started with the small and simple o.utlet to the bigger and lavish departement of stores, mall and hipermarkets in the fact, the buying, selling and other exchange activity is an old human habit that has already existed in the older civilization, an it is indeed a basic human need. Man craetes visual merchandising media when commercial competitiveness to win buyer’s ‘head and heart’ become fiercer. From the interpertative study, the visual display media in the exchange arena have proven its great effect in stealing goes attention and developing awareness to the product images. With various visual windows dressing devices, prospective buyer are sucked up into the store, and in the consequently the buying decision and exchange process is started to begin strengthened by order selling techniques. In order to unveil the meaning behind the signs that utilized in the visual merchandising media, this study scrutinized the Nike brand as a product that intensively use this media in their international marketing activity.

Kata Kunci : Media Pamer,Budaya Konsumen


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.