PENGARUH MODEL RENCANA PEMULANGAN TERINTEGRASI (RELASI) TERHADAP EFIKASI DIRI IBU YANG MEMILIKI BAYI BERAT LAHIR RENDAH (BBLR) DI RUANG NICU
ROSALIA DIAN A PUTRI, Lely Lusmilasari, S.Kp., M.Kes., Ph.D.; Dr. Wenny Artanty Nisman, S.Kep., Ns., M.Kes
2022 | Tesis | MAGISTER KEPERAWATANLatar belakang: Perawatan bayi berat lahir rendah (BBLR) membutuhkan keterlibatan ibu sejak bayi di rawat di rumah sakit sampai pulang ke rumah. Salah satu aspek yang memengaruhi keberhasilan ibu dalam merawat bayinya adalah efikasi diri ibu. Model rencana pemulangan terintegrasi (RELASI) merupakan edukasi untuk mempersiapkan ibu mencapai transisi yang sehat sebelum pemulangan bayi dari NICU yang bertujuan menurunkan kesulitan di rumah dan kejadian readmission. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model RELASI terhadap efikasi diri ibu yang memiliki BBLR, mengidentifikasi karakteristik responden, mengidentifikasi efikasi diri ibu yang memiliki BBLR sebelum dan setelah perlakuan pada kelompok kontrol dan intervensi, mengidentifikasi hubungan variabel terikat dengan variabel luar, dan mengetahui variabel paling dominan yang memengaruhi efikasi diri ibu yang memiliki BBLR. Metode: Penelitian ini menggunakan disain quasi-eksperimental dengan pre and post test non equivalent with control grup dengan teknik consecutive sampling. Responden penelitian adalah ibu yang memiliki BBLR. Instrumen yang digunakan adalah Perceived Maternal Parenting Self Efficacy (PMP S-E). Analisis bivariat menggunakan uji Spearman dan Mann Whitney. Analisis regresi liner untuk mengetahui faktor paling dominan yang memengaruhi efikasi diri ibu yang memiliki BBLR. Hasil: Terdapat pengaruh edukasi model RELASI terhadap efikasi diri ibu yang memiliki BBLR (p=0,018). Terdapat perbedaan bermakna pada efikasi diri sebelum dan sesudah edukasi model RELASI pada kelompok intervensi (p=0,010). Tidak terdapat perbedaan bermakna pada efikasi diri sebelum dan sesudah edukasi pada kelompok kontrol (p=0,618). Tidak ada hubungan antara pengalaman keberhasilan, pengalaman dari orang lain, dan dukungan orang lain dengan efikasi diri ibu. Terdapat hubungan antara kondisi fisik dan emosional dan efikasi diri ibu (p=0,040 ). Kondisi fisik dan emosional merupakan faktor dominan yang memengaruhi efikasi ibu (B=9,125). Kesimpulan: Efikasi diri ibu sebelum dan setelah pemberian model RELASI pada kelompok intervensi mengalami peningkatan. Ada pengaruh edukasi model RELASI terhadap efikasi diri ibu yang memiliki BBLR. Kondisi fisik dan emosional merupakan faktor paling dominan yang memengaruhi efikasi diri ibu yang memiliki BBLR
Background: Caring for low birth weight babies (LBW) requires mother's involvement from the time the baby is hospitalized until he returns home. One aspect that affects the success of mothers in caring for their babies is the mother's self-efficacy. The integrated discharge plan model (RELASI) is an education to prepare mothers to achieve a healthy transition before returning their baby from the NICU, which aims to reduce difficulties at home and the incidence of readmission. This study aims to determine the effect of the RELASI model on the self-efficacy of mothers who have LBW, identify the characteristics of respondents, identify the self-efficacy of mothers who have LBW before and after treatment in the control and intervention groups, identify the relationship between the dependent variable and the external variable, and determine the most dominant variable. which affects the self-efficacy of mothers who have LBW. Methods: This study used a quasi-experimental design with non-equivalent pre and post test with control group with consecutive sampling technique. Research respondents are mothers who have LBW. The instrument used is Perceived Maternal Parenting Self Efficacy (PMP S-E). Bivariate analysis using Spearman and Mann Whitney test. Linear regression analysis to determine the most dominant factors that affect the self-efficacy of mothers who have LBW. Results: There is an effect of education on the RELASI model on the self-efficacy of mothers who have low birth weight (p=0.018). There was a significant difference in self-efficacy before and after the RELASI model education in the intervention group (p=0.010). There was no significant difference in self-efficacy before and after education in the control group (p=0.618). There was no relationship between the experience of success, experiences from other people, and the support of others with the mother's self-efficacy. There is a relationship between physical and emotional conditions and mother's self-efficacy (p=0.040). Physical and emotional conditions are the dominant factors affecting maternal efficacy (B=9.125) Conclusion: Mother's self-efficacy before and after giving the RELASI model to the intervention group increased. There is an effect of education on the RELASI model on the self-efficacy of mothers who have LBW. Physical and emotional conditions are the most dominant factors that affect the self-efficacy of mothers who have LBW
Kata Kunci : Efikasi diri, BBLR, edukasi rencana pemulangan terintegrasi