Laporkan Masalah

Peran Interaksi Kelas terhadap Persepsi Pengalaman Perundungan pada Siswa SMP

Nurmala Sari, Edilburga Wulan Saptandari

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

. Menurut WHO pada tahun 2020 catatan secara global perundungan pada anak laki-laki sebanyak 28.160 dan 11.190 pada anak perempuan maka perlunya upaya untuk mengurangi perundungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran interaksi kelas siswa terhadap pengalaman perundungan pada siswa SMP. Subjek penelitian berjumlah 104 siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama di Sumatera Utara. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala interaksi kelas dan skala pengalaman perundungan. Skala interaksi kelas terdiri dari 13 aitem dengan reliabilitas sebesar 0.878 dan skala pengalaman perundungan sebesar 0,898. Hasil analisis data menggunakan uji regresi ditemukan nilai R2 sebesar 0,067 yang artinya peranan sebesar 6,7%.

According to the World Health Organization (WHO), in 2020 there will be 28,160 global bullying in boys and 11,190 in girls, so efforts are needed to reduce bullying. The purpose of this study was to determine the role of student class interaction on perceptions of bullying experiences in junior high school students. The research subjects were 104 junior high school students in North Sumatra. Class Interaction Scale (Havik, 2017) and Bullying Experience Scale (Olweus, 1993) were used to measure the variables. Class Interaction Scale consists of 13 items and Bullying Experience Scale. Regression analysis showed that experience of bullying significantly predicted by class interaction (R2 = 0.067; p < 0.05), and the role is 6,7%.

Kata Kunci : Perundungan, Interaksi Kelas, Remaja, Siswa SMP.

  1. S1-2022-378360- abstract.pdf  
  2. S1-2022-378360- bibliography.pdf  
  3. S1-2022-378360- tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-378360-title.pdf