Laporkan Masalah

STUDI FENOMENOLOGI DAMPAK WORK FROM HOME PADA DOSEN WANITA MENIKAH DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMPUNG

ASRI KUSUMANINGRUM H, Prof. Dr. Hj. Avin Fadilla Helmi, M.Si

2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan memahami dampak Work from home pada saat masa pandemi Covid-19 bagi dosen wanita menikah di Universitas Muhammadiyah Lampung. Dampak yang akan menjadi referensi bagi dosen wanita khususnya dan menjadi masukan bagi pekerja wanita pada umumnya terhadap hal-hal yang berhubungan dengan bekerja dari rumah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis fenomenologi interpretatif. Partisipan dalam penelitian ini menemukan 5 orang dosen wanita, dengan rentang usia antara 30-40 tahun yang memiliki anak minimal 2 dibawah usia 15 Tahun. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur via Daring. Proses validasi yang digunakan adalah member checking dan triangulasi dengan menggunakan wawancara kepada significant other. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi Work from home tergantung pada sistem pengajaran diantaranya: 1) Fleksibilitas waktu, 2) Fasilitas, dan 3) Adaptasi. Serta dampak yang ditimbulkan: 1) Jenuh dan stres, 2) Konflik waktu, 3) Efektivitas kerja dari rumah. Kesimpulan yang didapat adalah dosen wanita yang bekerja dari rumah (work from home) tidak berarti menyelesaikan konflik keluarga yang timbul sebagai akibat dari bekerja di luar rumah dan dapat terwujud work life balance dengan mudah. Dalam penelitian ini indikator work life balance tergantung pada alasan pribadi dosen bekerja dan bagaimana komitmennya menciptakan quality time dalam keluarga

This study aims to find and understand the impact of working from home during the Covid-19 pandemic for married female lecturers at the University of Muhammadiyah Lampung. The impact found will be a reference for female lecturers in particular and an input for female workers in general on matters related to working from home. This study uses a qualitative method with an interpretive phenomenological analysis approach. Participants in this study amounted to 5 female lecturers, with an age range between 30-40 years who have at least 2 children under the age of 15 years. Data was collected through semi-structured interviews via online. The validation process used is member checking and triangulation by using interviews with significant others. The results of the study indicate that the implementation of Work from home depends on the teaching system including: 1) Time flexibility, 2) Facilities, and 3) Adaptation. As well as the impacts: 1) Boredom and stress, 2) Time conflict, 3) Effectiveness of work from home. The conclusion obtained is that female lecturers who work from home do not mean resolving family conflicts that arise as a result of working outside the home and work life balance can be realized easily. In this study, the work life balance indicator depends on the lecturer's personal reasons for working and how committed he is to creating quality time in the family.

Kata Kunci : work from home, konflik pekerjaan keluarga, work life balance, dosen wanita menikah, Pandemi Covid-19

  1. S2-2022-434041-abstract.pdf  
  2. S2-2022-434041-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-434041-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-434041-title.pdf