Laporkan Masalah

ANALYSIS OF STRATEGY ON IMPOSING IMPORT DUTIES ON THE IMPORTATION OF DIGITAL GOODS IN INDONESIA

RENDY TOMMY INDRAWAN, Amin Wibowo, M.B.A., Ph.D.

2022 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dapat diterapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk mengenakan bea masuk atas impor barang digital yang masuk ke wilayah Indonesia. Lembaga DJBC perlu beradaptasi dengan kondisi proses bisnis baru untuk menegakkan peraturan dan kebijakan Pemerintah Indonesia. Proses bisnis yang berbeda untuk mengimpor barang digital sebagai barang tidak berwujud dibandingkan dengan importasi barang fisik atau barang berwujud membutuhkan strategi khusus untuk menangani kondisi yang baru. DJBC dapat menerapkan alternatif yang diberikan dalam penelitian ini untuk mengenakan bea masuk barang digital dalam beberapa tahap, antara lain mekanisme penilaian mandiri, mekanisme kemitraan, dan mekanisme pengalihan. DJBC juga perlu bekerja sama dengan otoritas perpajak untuk membuat kebijakan yang lebih komprehensif terkait bea masuk dan pajak impor atas barang digital.

This study aims to analyse the strategy that the Directorate General Customs and Excise (DGCE) could implement to impose Customs duties on importing digital goods that enter the Indonesian territory. The DGCE institution needs to adapt to the new business process conditions to enforce the Indonesian Government's regulations and policies. The different business processes for importing digital goods as intangible goods than importation of the physical goods or tangible goods need a particular strategy to handle the new conditions. DGCE could implement alternatives provided in this study to impose the customs duties for digital goods in several phases, including the self-assessment mechanism, partnership mechanism, and redirect mechanism. DGCE also needs to collaborate with the tax authority to create a more comprehensive policy regarding the customs duties and import tax on digital goods.

Kata Kunci : customs duties, digital goods, intangible goods, strategy, policy

  1. S2-2022-465117-abstract.pdf  
  2. S2-2022-465117-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-465117-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-465117-title.pdf