Laporkan Masalah

PENYESUAIAN SOSIAL MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS YANG MASUK SETELAH GAP YEAR

HERJUNO HESTU A, Novi Poespita Chandra, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Penyesuaian sosial merupakan hal penting yang perlu dilakukan dengan baik oleh seluruh mahasiswa tahun pertama. Di Indonesia, belum ada penelitian yang membahas penyesuaian sosial tersebut pada mahasiswa gap year. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penyesuaian sosial yang dialami mahasiswa gap year serta mengetahui dinamika faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial mereka berdasarkan konstruk SACQ (Student Adaptation to College Questionnaire). Penelitian ini menggunakan metode mix-method dengan survey dan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini sejumlah 31 mahasiswa gap year tahun pertama pada universitas-universitas di Yogyakarta dengan 4 orang diantaranya menjadi narasumber wawancara. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan statistik deskriptif dan analisis data kualitatif dilakukan dengan analisis konten terarah (directed content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha individu untuk berinteraksi adalah faktor berkontribusi besar pada kesuksesan penyesuaian sosial mahasiswa gap year di kampus.

Social adjustment is an important thing that needs to be done well by all first year students. In Indonesia, there is no research that discusses this social adjustment in gap year students. This study aims to provide an overview of the social adjustment experienced by gap year students and to find out the factor dynamics that influence their social adjustment based on the SACQ (Student Adaptation to College Questionnaire) construct. This study uses a mix-method method with surveys and interviews. The participants in this study were 31 first year gap year students at universities in Yogyakarta with 4 of them being interviewees. Quantitative data analysis was carried out by descriptive statistics and qualitative data analysis was carried out by directed content analysis. The results of this study indicate that individual efforts to interact with others are a major contributing factor to the success of gap year students' social adjustment on campus.

Kata Kunci : Gap Year, Social Adjustment, Mix-method

  1. S1-2022-427956-abstract.pdf  
  2. S1-2022-427956-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-427956-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-427956-title.pdf