Laporkan Masalah

Efektivitas Duolingo sebagai Suplemen Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah dalam Meningkatkan Kemampuan Produksi Kalimat dalam Bahasa Inggris Siswa Kelas Tujuh Sekolah Menengah Pertama (SMP)

VIRTA ATTIRAH D, Ammik Kisriyani, S.Psi, M.A.

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang digunakan secara global di dunia. Oleh karena itu, kemampuan berbicara bahasa Inggris merupakan suatu hal yang penting. Sehingga, sumber belajar bahasa Inggris yang efektif dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia juga penting. Duolingo merupakan aplikasi belajar bahasa yang gratis dan aksesibel dengan smartphone. Namun, efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan produksi kalimat dalam bahasa Inggris bagi penutur bahasa Indonesia belum diteliti secara ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dari aplikasi Duolingo dalam meningkatkan kemampuan produksi kalimat dalam bahasa Inggris siswa kelas tujuh Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui eksperimen. Siswa kelas tujuh dari sekolah yang sama dengan guru bahasa Inggris yang sama dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mendapatkan pemaparan dari aplikasi Duolingo beriringan dengan pembelajaran bahasa Inggris secara klasikal, kelompok kedua hanya mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris secara klasikal. Masing-masing kelompok diberi pre-test dan post-test yang mengukur kemampuan produksi kalimat dalam bahasa Inggris. Gain score dari hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok diuji signifikansinya secara statistik dengan analisis non-parametrik Wilcoxon Rank Sum Test. Hasil dari analisa ini menghasilkan nilai p-value sebanyak 0,58 yang menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang mendapatkan intervensi berupa Duolingo dan yang tidak mendapatkannya.

English is one of the languages that is used globally in the world. Hence, being able to speak English is an important skill. Because of that, having an effective and affordable source to learn English is important for Indonesians. Duolingo is a free and accessible language learning application for smartphones. However its effectiveness in increasing Indonesian speakers' skill in English sentence production has not been studied. The aim of this study is to see Duolingo's effectiveness in increasing junior high school students' English sentence production skills through an experimental study. Seventh graders from the same school with the same teacher are distributed into two groups. The first group receives English exposure from Duolingo along with classical methods of English teaching from their school, while the second group only receives the latter. Each of these groups go through pre-testing and post-testing which measures their ability to produce sentences in English. The gain score of the results from the pre-testing and post-testing is tested statistically using the non-parametric analysis Wilcoxon Rank Sum Test. The results of this analysis show that there isn't a significant difference between the gain scores from both of the groups with a p-value of 0,58.

Kata Kunci : Bahasa Inggris, Duolingo, Produksi kalimat dalam bahasa Inggris

  1. S1-2022-414793-abstract.pdf  
  2. S1-2022-414793-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-414793-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-414793-title.pdf