Laporkan Masalah

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Adopsi E-Government di Kementerian Perhubungan (Aplikasi Inaportnet pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut)

RATIH DWI S, Dr. Evita Hanie Pangaribowo, M.IDEC.; Dr. Dewi Haryani Susilastuti, M.Sc

2022 | Tesis | MAGISTER KEPEMIMPINAN DAN INOVASI KEBIJAKAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi adopsi e-government pada Kementerian Perhubungan, penelitian dilakukan pada 165 Unit Pelaksana Teknis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Penelitian ini menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan kerangka Technology, Organization and Environment (TOE) untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi niat perilaku untuk mengadopsi e-government (inaportnet) dalam organisasi. Survei online dan analisis statistik dilakukan terhadap tanggapan yang diterima dari 165 Unit Pelaksana Teknis Ditjen Perhubungan Laut. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa "sumber daya" dan "keterampilan TIK" merupakan faktor yang paling signifikan yang memengaruhi niat perilaku Unit Pelaksana Teknis dalam mengadopsi inaportnet. Temuan ini akan bermanfaat bagi para pembuat kebijakan dan pengambil keputusan dalam mengimplementasikan e-government di sektor publik, khususnya di sektor transportasi. Studi ini menyarankan bahwa pemerintah harus memastikan sumber daya yang cukup baik secara finansial maupun sumber daya manusia serta menyediakan karyawan yang memiliki keahlian TIK untuk menjalankan sistem layanan online.

The purpose of this study is to examine factors for e-government adoption in ministry of transportation, the research was carried out on 165 Technical Implementation Units spread throughout Indonesia. This study employs the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Model and Technology, Organization and Environment (TOE) framework to examine the influential factors of the behavioral intentions to adopt e-government (inaportnet) in organization. An online survey was conducted and a statistical descriptive analysis was performed on the responses received from 165 Technical Implementation Units of Directorate General of Sea Transportation. The major finding of the study is that resources and ICT skills were the most significant factors with UPT's behavioral intention of Technical Implementation Unit in adopting inaportnet. The findings are useful for policy makers and decision makers in implementing e-government in the public sector, especially in the transportation sector. This study suggests that government should ensure sufficient resources both financially and human resources and also provide employees with ICT expertise to run an online service system.

Kata Kunci : inaportnet, UTAUT, TOE, sektor publik

  1. S2-2022-467897-abstract.pdf  
  2. S2-2022-467897-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-467897-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-467897-title.pdf