PERAN KEMATANGAN KARIR DAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK
RAHMI FAUZANA ZUFA, Edilburga Wulan Saptandari, S.Psi., M.Psi., Ph.D., Psikolog
2022 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESIJenjang pendidikan terakhir yang ditempuh merupakan salah satu kualifikasi yang dibutuhkan dalam mencari pekerjaan. Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu jenjang pendidikan yang bertujuan untuk menciptakan lulusan yang siap untuk bekerja dan didukung dengan persiapan karir yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari kematangan karir dan regulasi diri dalam belajar terhadap kesiapan kerja pada siswa SMK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan 193 siswa di salah satu SMK di Yogyakarta sebagai partisipan penelitian. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier untuk menguji peran dari kematangan karir dan regulasi diri dalam belajar terhadap kesiapan kerja. Instrumen penelitian ini adalah skala kesiapan kerja, skala kematangan karir, dan skala regulasi diri dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kematangan karir dan regulasi diri dalam belajar secara bersama-sama berperan dalam meningkatkan kesiapan kerja pada siswa SMK, dengan sumbangan efektif sebesar 46,8%.
The last level of education is one of the qualifications needed in finding a job. Vocational high school is one level of education that aims to create graduates who are ready to work and supported by thorough career preparation. This study aims to determine the role of career maturity and self regulated learning to work readiness of vocational high school students. This is a non-experimental quantitative study with 193 student of a vocational high school in Yogyakarta as participants. Linear regression analysis is utilizes to analyze the role of career maturity and self regulated learning to work readiness. The instrument of this study are work readiness scale, career maturity scale, and self regulated learning scale. The result shows that career maturity and self regulated learning have a role togetherly to improve work readiness of vocational high school student, with effect size 46,8%.
Kata Kunci : kematangan karir, regulasi diri dalam belajar, kesiapan kerja, dan siswa sekolah menengah kejuruan / career maturity, self-regulated learning, work readiness, and vocational school student