Laporkan Masalah

Inovasi School Information System (SIS) Oleh Eduversal Melalui Penerapan Edunav Di Indonesia (Studi Kasus: SMP-SMA Kesatuan Bangsa Bilingual Boarding School Yogyakarta)

DEDE SYAHRIL SIDIK, Dr. Agus Joko Pitoyo, M.A. ; Dr. Hakimul Ikhwan, M.A.

2022 | Tesis | MAGISTER KEPEMIMPINAN DAN INOVASI KEBIJAKAN

Inovasi teknologi merupakan ilmu pengetahuan yang akan terus berkembang setiap waktu, oleh karena itu diperlukan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman untuk bisa dimanfaatkan dalam kehidupan terutama pada lembaga pendidikan. Kajian inovasi sistem pendidikan telah banyak dilakukan oleh para peneliti karena penerapan sistem informasi pada lembaga pendidikan memberikan kontribusi yang positif terhadap manajemen pendidikan. Adanya sistem informasi pendidikan memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, bertukar informasi menjadi cepat dan tepat, adanya peningkatan dalam pelayanan pendidikan. Penelitian ini berdasarkan pada penerapan sistem informasi edunav sebagai inovas sistem informasi yang diterapkan pada lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong diterapkannya sistem informasi edunav di sekolah Kesatuan Bangsa, dan manfaat-manfaat yang didapatkan dari adanya sistem informasi edunav. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Wawancara mendalam dilakukan kepada beberapa informan yang dilakukan dengan cara snawball. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu ada beberapa faktor-faktor yang mendorong penerapan sistem informasi edunav di sekolah Kesatuan Bangsa Yogyakarta, yaitu 1) adanya permalahan yang terjadi dilapangan seperti belum ada sistem yang terintegrasi; 2) pengolahan data dilakukan secara manual dicatat dalam buku; 3) adanya inisiatif sekolah untuk melakukan perubahan dari konvensional menjadi digital school (sekolah digital) dengan penerapan teknologi informasi; 4) adanya kebaruan yang dikembangkan yayasan Eduversal sebagai konsultan pendidikan; 5) sebagai bentuk dorongan pelayanan yang diberikan sekolah kepada siswa dan orang tua. Adapun manfaat yang dirasakan dari adanya sistem informasi edunav yaitu 1) sebagai sistem informasi bagi sekolah, orang tua, dan siswa; 2) sebagai media pendukung pembelaran; 3) sebagai media kontrol bagi sekolah, orang tua dan siswa.

Technological innovation is a science that will continue to develop over time, therefore knowledge, skills and understanding are needed in life, especially in educational institutions. Many researchers have conducted studies on educational system innovations because the implementation of information systems in educational institutions has made a positive contribution to education management. The existence of an educational information system provides convenience in communicating, exchanging information quickly and accurately, as well as an increase in educational services. This research is based on the implementation of the edunav information system as an information system innovation that is applied to educational institutions. This study aims to uncover the factors which drive the edunav information system to be implemented at the Unitary Nation School and the benefits derived from it. The method used in this research is a qualitative research method with a case study approach. The data of this research are obtained from in-depth interviews, observation, and literature study. In-depth interviews were conducted with several informants by means of a snawball. The results of this study show that there are several factors that encourage the implementation of the edunav information system at the Yogyakarta National Unity School, which are 1) some problems such as the absence of an integrated system; 2) manual data processing which is recorded in books; 3) the existence of school initiatives to make changes from conventional to digital schools by increasing the use of information technology; 4) a novelty developed by the Eduversal foundation as an education consultant; 5) as a form of service encouragement provided by the school to students and parents. The perceived benefits of the edunav information system are 1) as an information system for schools, parents, and students; 2) as a media to support education; 3) as a means of control for schools, parents and students.

Kata Kunci : Educational Innovation, Information System, Edunav Information System

  1. S2-2022-467865-abstract.pdf  
  2. S2-2022-467865-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-467865-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-467865-title.pdf