Laporkan Masalah

PENGARUH TINGKAT PENGUNGKAPAN LAPORAN KEBERLANJUTAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020)

SALSABILA WIDYASARI, Rusdi Akbar, M.Sc., Ph.D., Ak., CA.

2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara tingkat pengungkapan laporan berkelanjutan dengan kinerja keuangan perusahaan. Variabel dependen penelitian ini adalah kinerja keuangan yang diukur dengan ROA dan ROE. Variabel independen pada penelitian ini adalah tingkat pengungkapan laporan berkelanjutan yang terdiri dari aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Standar Global Reporting Initiatives (GRI) 2016 digunakan sebagai basis untuk menghitung tingkat pengungkapan. Sampel dari penelitian ini berasal dari 39 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2018, 2019, 2020 yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data yang diperoleh berbentuk data panel seimbang dan diolah menggunakan aplikasi EViews versi 10. Model estimasi regresi data panel yang terpilih adalah Fixed Effect Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan ekonomi dan sosial pada laporan berkelanjutan tidak berpengaruh pada kinerja keuangan perusahaan. Sementara itu, tingkat pengungkapan lingkungan pada laporan berkelanjutan memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan.

This research is aims to examines the influence of sustainability disclosure on company financial performance. The dependent variable is companies financial performance which is measured by ROA and ROE. The independent variables is sustainability disclosure which consists of economic disclosure, environmental disclosure, and social disclosure. Global Reporting Initiatives standards 2016 used as a based to calculate disclosure index. The sample in this study came from 39 companies listed on Indonesia Stock Exchange from 2018 to 2020 which were selected using purposive sampling method. The data obtained was in the form of a balance panel and processed using EViews version 10. The selected panel data regression estimation model is the Fixed Effect Model. The result of this study indicated that economic disclosure and social disclosure on sustainability reporting has no significant effect on company financial performance. On the other hand, environmental disclosure has a negative effect on company financial performance.

Kata Kunci : pembangunan berkelanjutan, laporan keberlanjutan, kinerja keuangan perusahaan

  1. S1-2022-426558-abstract.pdf  
  2. S1-2022-426558-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-426558-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-426558-title.pdf