Laporkan Masalah

ANALISIS STRATEGI KORPORAT PT. XYZ DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PARENTING FIT MATRIX

ARIVIAN RAHMADIAN W, Rangga Almahendra, Dr., S.T., M.M.,

2022 | Tesis | Magister Manajemen

PT. XYZ adalah suatu korporat yang memiliki banyak unit bisnis bergerak dibidang energi alternatif dan water treatment process. Tugas utama dari perusahaan induk adalah menciptakan nilai lebih dari pada pesaingnya (Campbell, Goold, & Alexander, 1995). PT. XYZ melihat suatu masalah pada unit bisnisnya melalui laporan keuangan. PT. UB 2 memiliki masalah yaitu tidak memiliki keahlian pada bidang water treatment process. Masalah terakhir pada penelitian ini adalah PT. XYZ memberi wewenang kepada setiap unit bisnis untuk membuat keputusan strategis perusahaannya. Metoda penelitian ini menggunakan metoda kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada anak perusahaan PT. XYZ yaitu PT. UB 1, PT. UB 2 dan PT. UB 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mencari kesesuaian dari tiga variabel yang diperlukan pada analisis parenting fit matrix. Tiga variabel pada parenting fit matrix yaitu critical success factors, parenting opportunities dan parenting characteristic. Setelah melakukan identifikasi terhadap tiga variabel maka tahap selanjutnya adalah kesesuaian variabel antara critical success factor dan parenting opportunities dengan parent characteristic. Hasil kesesuaian akan dipetakan pada parenting fit matrix. Hasil dari penelitian ini adalah PT. UB 1 berada di kuadran heartland. Hal ini didasari dengan adanya nilai kesesuaian critical success factor dan parenting opportunities dengan parent characteristic yang tinggi. PT. UB 2 berada di kuadran ballast. Hal ini didasari dengan adanya nilai kesesuaian critical success factor dengan parent characteristic yang rendah. PT. UB 3 berada di kuadran edge of heartland. Hal ini didasari dengan adanya nilai kesesuaian critical success factor dan parenting opportunities dengan parent characteristic yang tinggi. Selain itu, PT. XYZ harus melakukan rekrutmen special expertise untuk memberikan nilai kompetensi pada PT. UB 2 dan PT. XYZ harus mengambil wewenang keputusan strategis pada unit bisnis karena unit bisnis memiliki faktor nilai predictable errors dan keputusan besar yang tinggi.

PT. XYZ is a corporation that has multibusiness units engaged in alternative energy and water treatment processes. The main task of the parent company is to create more value than its competitors (Campbell, et al., 1995). PT. XYZ sees a problem in its business unit through financial reports. PT. UB 2 has a problem that is not having expertise in water treatment processes. The last problem in this research is PT. XYZ authorizes each business unit to make strategic decisions for its company. This research method uses descriptive quantitative methods. This research was conducted at a subsidiary of PT. XYZ, namely PT. UB 1, PT. UB 2 and PT. UB 3. This study aims to identify and find the three variables needed in the parenting fit matrix analysis. Three variables in the parenting fit matrix are critical success factors, parenting opportunities and parenting characteristics. After examining the three variables, the next step is the variable between critical success factors and parenting opportunities with parental characteristics. The match results will be mapped on the parenting fit matrix. The result of this research is PT. UB 1 is in the heart of the quadrant. This is based on the compatibility values of critical success factor and parenting opportunity with high parental characteristics. PT. UB 2 is in the ballast quadrant. This is based on the existence of the appropriate values of critical success factors with low parental characteristics. PT. UB 3 is in the outskirts of the country. This is based on the compatibility values of critical success factor and parenting opportunity with high parental characteristics. In addition, PT. XYZ must recruit special skills to provide competence value to PT. UB 2 and PT. XYZ must be authorized to make strategic decisions in the business unit because the business unit has a high predictive error value and major decision factors.

Kata Kunci : Parenting fit matrix, corporate strategy, critical success factors, parenting opportunities, parent characteristic

  1. S2-2022-464998-abstract.pdf  
  2. S2-2022-464998-bibliography.pdf  
  3. S2-2022-464998-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2022-464998-title.pdf