Analisis Pengendalian Organisasional PT TASPEN (Persero) Cabang Jember
AKBAR FATHONI HUSENA, Amin Wibowo, S.E., M.B.A., Ph.D.
2022 | Tesis | Magister ManajemenPengendalian manajemen harus ada pada semua organisasi yang mempraktekkan desentralisasi. Pengendalian akan manajemen ini penting ada menjadi alat untuk melaksanakan strategi perusahaan. PT TASPEN (Persero) dalam strateginya menempatkan kantor cabang di daerah sebagai perpanjangan organisasi untuk dapat mendekat ke konsumennya dalam hal ini para peserta PT TASPEN (Persero). Keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan strategi dapat dilihat dari KPI yang telah ditentukan. PT TASPEN (Persero) Cabang Jember tidak memenuhi beberapa kategori KPI tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa penyebab tidak tercapainya KPI tersebut, dan apa tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pencapaian KPI PT TASPEN (Persero) Cabang Jember. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara semi terstruktur secara daring dan luring dengan manajemen puncak serta staf PT TASPEN (Persero) Cabang Jember. Identifikasi masalah dan usulan saran tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki KPI ini menggunakan konsep Sistem Pengendalian Manajemen milik Robert N. Anthony dan Vijay Govindarajan (2007). Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi masalah penyebab tidak tercapainya KPI PT TASPEN (Persero) Cabang Jember dan usulan tindakan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pencapaian KPI tersebut, sehingga diharapkan pencapaian KPI PT TASPEN (Persero) Cabang Jember dapat membaik pada periode selanjutnya.
Management control must exist in all organizations that practice decentralization. This management control is important because as a tool to implement corporate strategies. PT TASPEN (Persero) in its strategies placed branch office in certain city as an extension of the organization to be closer to their consumers, in this case are the participants of PT TASPEN (Persero). The company's success can be seen from the KPIs that has been determined. PT TASPEN (Persero) Cabang Jember did not achieve some categories of this KPIs. This study aim to identify the causes of the failure of to achieve these KPIs, and the actions that can be taken to improve the KPIs of PT TASPEN (Persero) Cabang Jember. This study is using qualitative descriptive method by using semi-structured interview online and offline with the top management and staffs in PT TASPEN (Persero) Cabang Jember. Identification of problems and suggested actions that can be taken to improve these KPIs is using Management Control Systems concept from Robert N. Anthony and Vijay Govindarajan (2007). The results of this study is problems identified that caused KPIs in PT TASPEN (Persero) Cabang Jember is not achieved and suggested action that can be taken to improve those achievements, so that PT TASPEN (Persero) Cabang Jember KPIs achievement is expected to improve in the next period.
Kata Kunci : Sistem Pengendalian Manajemen, Indikator Kunci Kinerja / Management Control System, Key Performance Indicators