Laporkan Masalah

END USER COMPUTING SATISFACTION UNTUK ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS DI WILAYAH KABUPATEN KLATEN

ANITA KRISNIYANTI, Angga Eko Pramono, S.K.M., M.P.H.

2022 | Tugas Akhir | D4 MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN

Latar Belakang : Puskesmas di wilayah Kabupaten Klaten telah memanfaatkan sistem informasi manajemen puskesmas untuk menunjang aktivitas pelayanan kesehatan. Namun, dalam implementasinya masih belum optimal dan terdapat kendala seperti ketidakakuratan data akibat fitur hapus tidak dapat digunakan, tampilan penuh, error, dan kurang responsif. Kepuasan pengguna merupakan indikator keberhasilan implementasi sistem informasi kesehatan. Sejauh ini, penilaian terkait kepuasan pengguna sistem informasi manajemen puskesmas di wilayah Kabupaten Klaten belum pernah dilakukan. Tujuan : Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan berdasarkan persepsi pengguna sistem informasi manajemen puskesmas di wilayah Kabupaten Klaten dengan model end-user computing satisfaction. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 88 responden yang diambil dengan teknik cluster random sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu SEM-PLS dengan software analisis SmartPLS. Hasil : Hasil analisis menunjukkan terdapat dua faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMPUS yaitu content (t=2.450) dan format (t=2.297). Sedangkan faktor yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna SIMPUS yaitu accuracy (t=0.260), ease of use (t=1.355) dan timeliness (t=1.315). Nilai R-squares sebesar 0,689 memiliki arti bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 68,9%. Kesimpulan : Penelitian ini membuktikan tidak semua hipotesis yang diajukan terbukti secara empiris. Peningkatan terkait aspek content dan format menjadi hal yang perlu dipertimbangkan agar SIMPUS dapat memberikan kepuasan kepada pengguna secara optimal.

Background : The primary health care in the Klaten Regency has adopted the primary healthcare management information system to support health service activities. However, the implementation still not optimal because of data inaccuracies due to feature of delete button can not be used, a display that look full, errors, and lack of responsiveness. User satisfaction has been considered as the indicator of success in health information system implementation. Currently, assessment related to user satisfaction of primary healthcare management information system in the Klaten Regency has never been done. Objective : This study aimed to analyze factors influence satisfaction based on user perception in using primary healthcare management information system in Klaten Regency through end-user computing satisfaction model. Methods : This study used quantitative research with cross sectional design. The samples consisted of 88 respondents determined by cluster random sampling and purposive sampling. The data was collected using a questionnaire and observation. SEM-PLS was used for data analysis through SmartPLS software. Results : Based on analysis, two factor significantly influence SIMPUS user satisfaction namely content (t=2.450) and format (t=2.297). Otherwise, factor accuracy (t=0.260), ease of use (t=1.355) and timeliness (t=1.315) did not influence SIMPUS user satisfaction significantly. R-Squares value of 0.689 means that independent variables used in this study can explain the dependent variable of 68.9%. Conclusion : In this study not all the proposed hypotheses proven empirically. Improvements related to content and format aspects need to be considered so that SIMPUS can provide satisfaction to users optimally.

Kata Kunci : EUCS, SIMPUS, puskesmas, kepuasan pengguna

  1. D4-2022-460762-abstract.pdf  
  2. D4-2022-460762-bibliography.pdf  
  3. D4-2022-460762-tableofcontent.pdf  
  4. D4-2022-460762-title.pdf