INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TARUNA AKADEMI MILITER MAGELANG
PRASTYA NOERDIAN, Dr. Pande Made Kutanegara, M.Si.
2022 | Tesis | MAGISTER KEPEMIMPINAN DAN INOVASI KEBIJAKANINTISARI Dinamika perkembangan global berbasis teknologi digital turut mempengaruhi para pelaku kegiatan di berbagai sektor termasuk pada dunia pendidikan. Internet menjadi bagian dalam kegiatan sehari-hari. Lembaga Pendidikan Akademi Militer (Akmil) sejak tahun 2018 menerapkan penggunaan program jaringan fiber optic dari komando atas dengan tujuan memfasilitasi taruna dan civitas akademika dalam mengakses ilmu pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan dalam menunjang proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan internet dan persepsi Taruna Akmil terhadap fungsi internet dalam menunjang pembentukan Tripola Dasar Taruna Akmil. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian merupakan Taruna Akmil Tingkat III/Madya. Informasi diperoleh melalui pedoman wawancara terstruktur dengan pendistribusian menggunakan google form. Jumlah Taruna yang merespon atau mengisi kuesioner adalah 150 dari 365 orang. Data karakteristik Taruna Tingkat III/Madya, penggunaan internet, dan fungsi internet dalam mendukung peningkatan Tripola Dasar disajikan secara deskriptif dengan tabel frekuensi tunggal dan tabel silang. Hasil penelitian menunjukkan Taruna Akmil menggunakan internet kurang lebih 3,7 jam per harinya serta rata-rata 4 hari dalam satu minggu. Sebanyak 98 persen Taruna menyatakan internet merupakan sumber informasi ilmiah, pusat ilmu pengetahuan dan sumber informasi yang efektif. Sebanyak 97 persen Taruna merasakan mengalami peningkatan pengetahuan dengan adanya internet. Peningkatan kemampuan kedisiplinan, kemandirian, keterampilan, dan keberanian juga mengalami peningkatan (kurang lebih 84 persen). Internet selain memiliki fungsi sebagai penelusuran atau pengembangan ilmu pengetahuan juga memiliki fungsi untuk menghilangkan kejenuhan (83 persen). Sebanyak 41 persen Taruna Madya mengakses internet selama jam pelajaran dengan menggunakan laptop. Hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan konsentrasi Taruna dalam proses pembelajaran adalah pengawasan karena 17 persen Taruna menonton film atau video selama jam pelajaran.
ABSTRACT The dynamics of global developments based on digital technology also affect the actors of activities in various sectors, including the world of education. The internet has become a part of daily activities. The Military Academy Educational Institute (Akmil) since 2018 has implemented the use of fiber optic network programs from the top command with the aim of facilitating cadets and the academic community in accessing the knowledge and information needed to support the teaching and learning process. The purpose of this study was to determine the use of the internet and the perception of the Army Military Academy cadets on the function of the internet in supporting the formation of the Basic Military Army Cadet Tripola. This research is quantitative research. The population of this research is Army Military cadets Level III/Intermediate. Information obtained through structured interview guidelines with distribution using google form. The number of Army cadets who responded or filled out the questionnaire was 150 out of 365 people. The data on the characteristics of Tier III/Intermediate cadets, internet usage, and internet function in supporting the improvement of the Basic Tripola are presented descriptively with single frequency tables and cross tables. The results of the study show that Army cadets use the internet for approximately 3.7 hours per day and an average of 4 days a week. As many as 98 percent of Army cadets stated that the internet is a source of scientific information, a center of knowledge and an effective source of information. As many as 97 percent of cadets feel that their knowledge has increased with the internet. There has also been an increase in the ability of discipline, independence, skills, and courage (approximately 84 percent). In addition to having a function as a search or development of knowledge, the internet also has a function to eliminate boredom (83 percent). As many as 41 percent of Middle Army cadets access the internet during class hours using laptops. The thing that needs to be considered to increase the concentration of Army cadets in the learning process is supervision because 17 percent of cadets watch movies or videos during class hours.
Kata Kunci : Kata kunci: Internet, Taruna, Akademi Militer Magelang