SISTEM INFORMASI INSTITUTE FOR ISLAMIC DAKWAH AND EDUCATION (INSIDE) UNTUK GURU BERBASIS WEB
ADI PRIYONO, Muhammad Fakhrurrifqi, S.Kom., M.Cs.
2022 | Tugas Akhir | D3 Komputer dan Sistem InformasiInstitute for Islamic Dakwah and Education (InsIDE) adalah lembaga pendidikan yang memiliki fokus dalam pembelajaran dakwah dalam bahasa Inggris. Saat ini, lembaga Institute for Islamic Dakwah and Education (InsIDE) masih menggunakan cara konvensional dalam membantu pelaksanaan kegiatan pembelajaraanya. Pendaftaran guru, absensi guru, pembuatan tugas, pembuatan jadwal, dan pembuatan kelas masih menggunakan kertas sebagai medianya. Permasalahan tersebut membawa membuat gagasan yang menjadi cikal bakal dibangunnya sebuah sistem informasi untuk memanajemeni sistem informasi lembaga Institute for Islamic Dakwah and Education (InsIDE) khususnya bagi guru. Dengan adanya sistem informasi yang akan dibangun diharapkan dapat membuat efektif serta memudahkan kegiatan manajemen pembelajaran bagi para guru. Sistem ini dilengkapi dengan beberapa fitur diantaranya melakukan pengelolaan untuk data kelas beserta tugas, mengelola absensi dan log aktifitas, mengakses kurikulum serta kalender akademik. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa sebagian besar penguji merasa sistem informasi yang dibuat dapat meningkatkan efektifas dalam kegiatan belajar mengajar.
Institute for Islamic Dakwah and Education (InsIDE) is an educational institution that focuses on teaching da'wah in English. Currently, the Institute for Islamic Dakwah and Education (InsIDE) is still using conventional methods in assisting the implementation of its learning activities. Teacher registration, teacher attendance, making assignments, making schedules, and making classes rallying the use of paper heavily as a teaching medium. An information system was built to manage these aforementioned problems. Namely the information system of the Institute for Islamic Dakwah and Education (InsIDE), especially for teachers. We hoped that the information system built will streamline and facilitate learning management activities for teachers. Each existing user, has several features built specially for each of them to ease the use of the system. Especially, Teachers can manage class data along with assignments, managing attendance and activity log, also accessing curriculum and academic calendar. Based from the test that was run by several testers it is concluded that the system information that was built has make learning activites become more effective.
Kata Kunci : guru, sistem informasi, teacher, system information