Laporkan Masalah

Analysis of Environmental Performance Effects on Financial Performance of Mining Companies Listed in Indonesia Stock Exchange (2016-2019)

AULADI ILMAN N T, Vogy Gautama Buanaputra, S.E., M.Sc., Ph.D., AFHEA

2022 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menyelidiki pengaruh kinerja lingkungan perusahaan terhadap kinerja keuangannya melalui bukti empiris. Objek penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah mempublikasikan laporan keuangannya kepada publik dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2019. Metode yang digunakan untuk pengukuran kinerja lingkungan adalah pemeringkatan PROPER yang diatur oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Indonesia (KLHK). Secara total, terdapat 9 perusahaan yang masuk dalam kriteria penelitian ini, yang merupakan 36 set data. Untuk pengumpulan data, tulisan ini menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini kinerja lingkungan memiliki hubungan positif dengan kinerja keuangan yang diproksikan dengan return on assets (ROA). Keterbatasan penelitian ini adalah ukuran sampel yang sangat kecil karena terbatasnya jumlah perusahaan yang lolos kriteria penelitian ini. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memasukkan lebih banyak sektor dan industri untuk memperluas cakupan penelitian untuk menggambarkan hubungan antar variabel secara lebih akurat.

The research aims to analyze and investigate the effect of companies environmental performance on their financial performance through the empirical evidence. The objects of this research are mining companies that are listed in Indonesia Stock Exchange that have established their financial report to public from the year of 2016 to 2019. The method used for the measurement of environmental performance is PROPER ranking, which is regulated by Ministry of Forestry and Environment of Indonesia (KLHK). In total, there are 9 companies that fits into the criteria of this research, which makes up 36 set of data. For the data collection, this paper uses the purposive sampling. The methods used are the classical assumption test and the hypothesis testing using the regression analysis. Result of the study shows that for the companies used in this research environmental performance have positive relationships with financial performance proxied by return on assets (ROA). The limitation of this study is the sample size that is so small due to limited amount of companies that passed the criteria of this research. Further research is suggested to include more sectors and industries to broaden the scope of the research to describe the relationship between the variables more accurately.

Kata Kunci : Environmental Performance, Financial Performance, PROPER, ROA, mining

  1. S1-2022-396998-abstract.pdf  
  2. S1-2022-396998-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-396998-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-396998-title.pdf