Laporkan Masalah

PERAN ACADEMIC RATIONAL BELIEFS DAN KONTROL DIRI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

MIMMA ANISSA P, Haryanta, S.Psi., M.A., Psikolog

2022 | Skripsi | S1 PSIKOLOGI

Sistem pembelajaran dari luring menjadi daring pada masa pandemi covid-19 dirasa memiliki kontribusi pada tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa. Prokrastinasi akademik merupakan kecenderungan seseorang secara sengaja menunda dalam memulai maupun menyelesaikan tugas akademik dengan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Perilaku prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk academic rational beliefs dan kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran academic rational beliefs dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam melakukan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19. Partisipan dalam penelitian ini adalah 256 mahasiswa yang berasal lebih dari 25 universitas di Indonesia berusia 18-23 tahun. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen pengukuran yakni academic rational beliefs scale (ARBS), skala kontrol diri, dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data dilakukan dengan teknik multiple regression dengan metode enter. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa academic rational beliefs dan kontrol diri berperan terhadap perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa selama perkuliahan daring dengan nilai F=110,342 (p<0,001) dan R2 sebesar 0,466. Artinya academic rational beliefs dan kontrol diri secara bersamaan berperan sebesar 46,6% terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa selama perkuliahan daring. Hasil ini menunjukkan bahwa perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa selama perkuliahan di masa pandemi covid-19 dipengaruhi oleh academic rational beliefs dan kontrol diri.

The offline to online learning system during the COVID-19 pandemic was felt to have contributed to the level of student academic procrastination. Academic procrastination is a person's tendency to intentionally delay starting or completing academic tasks by doing other more enjoyable activities. Academic procrastination is influenced by several factors, including academic rational beliefs and self-control. This study aims to determine the role of academic rational beliefs and self-control in the academic procrastination during online lectures. Participants in this study were 256 students from more than 25 universities in Indonesia aged 18-23 years. This study uses three measurement instruments, namely the academic rational beliefs scale (ARBS), the self-control scale, and the academic procrastination scale. Data analysis was carried out using multiple regression technique with the enter method. The results of this study indicate that academic rational beliefs and self-control play a role in student academic procrastination behavior during online lectures with a value of F=110,342 (p<0.001) and R2 of 0.466. This means that academic rational beliefs and self-control simultaneously account for 46.6% of students' academic procrastination during online lectures. These results indicate that students' academic procrastination behavior during lectures during the COVID-19 pandemic is influenced by academic rational beliefs and self-control.

Kata Kunci : academic rational beliefs, kontrol diri, prokrastinasi akademik, pembelajaran daring, pandemi covid-19

  1. S1-2022-427975-abstract.pdf  
  2. S1-2022-427975-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-427975-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-427975-title.pdf