Laporkan Masalah

Pengembangan Fitur Virtual Tour dan Kuis yang Terintegrasi dengan Media Pembelajaran Kupu-Kupu pada Aplikasi Mobile Alian Butterfly Park

M LUQMAN HAKIM, Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D.; Dr. Eng. Silmi Fauziati, S.T., M.T.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Alian Butterfly Park merupakan taman kupu-kupu yang berfungsi sebagai objek wisata pembelajaran dan pelestarian spesies kupu-kupu. Namun semenjak pandemi COVID-19 menyebabkan taman Alian harus membatasi jam buka bahkan tutup. Ini menyebabkan manfaat dari taman Alian kurang didapat sejak periode tersebut. Bukan hanya itu, dampak lain yang disebabkan yaitu menyebabkan penurunan pengunjung atau wisatawan sebagai salah satu sumber penghasilan bisnis objek wisata. Dampak tersebut terkonfirmasi juga berdasarkan laporan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menunjukkan penurunan jumlah wisatawan. Kemenparekraf RI berpesan kepada para pelaku pariwisata untuk memanfaatkan inovasi teknologi yang berperan penting dalam mendukung tren pariwisata yang bergeser di tengah pandemi, salah satunya dengan virtual tourism untuk liburan online. Permasalahan-permasalahan tersebut akan coba diatasi dengan menghadirkan inovasi teknologi berupa proyek Capstone pengembangkan aplikasi mobile tur virtual yang membawakan taman Alian ke perangkat mobile masyarakat. Luaran dari proyek ini yaitu aplikasi mobile memiliki fungsi sebagai sarana pembelajaran kupu-kupu sekaligus edukasi masyarakat tentang tempat wisata Alian Butterfly Park. Pengembangan aplikasi menggunakan program Unity3D dan aplikasi direncanakan dapat berjalan di sistem operasi Android. Pengembangan VR menggunakan plug-in GoogleVR untuk Unity dan pengembangan AR menggunakan software development kit (SDK) ARCore. Fitur utama pada aplikasi ini adalah buku koleksi dan tur virtual yang terintegrasi dengan media pembelajaran kupu-kupu berbasis Augmented Reality. Proses pengembangan aplikasi tur virtual menggunakan metode agile dengan teknologi Virtual Reality yang bersifat semi-immersive. Proses yang telah dilakukan kali ini yaitu terbuatnya suatu prototipe aplikasi mobile berbasis Android yang memanfaatkan teknologI Virtual Reality dan Augmented Reality. Fitur yang sudah selesai dikembangkan yaitu virtual tur, media pembelajaran menggunakan Augmented Reality, dan buku koleksi kupu-kupu yang interaktif. Aplikasi Alian Butterfly Park yang tim penulis kembangkan memiliki tujuan sebagai cara untuk masyarakat mendapatkan pengalaman wisata secara virtual dan media pembelajaran mengenai kupu-kupu yang ada di taman Alian. Aplikasi mobile ini juga menjadi sarana promosi dan pengenalan taman kupu-kupu Alian Butterfly Park. Pengujian fitur aplikasi tur virtual dan kuis telah dilakukan menggunakan metode Black Box dan live testing. Pengujian Black Box mendapatkan hasil 100% berhasil pada seluruh skenario. Sedangkan pada saat live testing mendapat timbal balik positif dari para responden, namun juga kritik dan saran mengenai aspek non-fungsional dan juga pengalaman pengguna dari fitur aplikasi.

Alian Butterfly Park is a theme park that functions as a tourist attraction for learning and preserving butterfly species. However, since the COVID-19 pandemic caused Alian Butterfly Park to limit its opening hours and temporarily closed. This causes the underutilization of Alian Butterfly Park during that period. Other impact caused are declining visitors or tourists as a source of income for the tourism business. This also confirmed based on a report by the Ministry of Tourism and Creative Economy of the Republic of Indonesia which showed a decrease in the number of tourists. The Indonesian Ministry of Tourism and Creative Economy advised tourism actors to take advantage of technological innovations that play an important role in supporting tourism trends that are shifting in the midst of a pandemic, one of which is virtual tourism for online vacations. These problems are attempted to be overcome by presenting technological innovations in the form of this capstone project to develop a virtual tour application that brings Alian Butterfly Park to the mobile devices of everyone. The output of this project is a mobile application that has a function of butterfly learning media as well as educating the public about the tourist attractions of Alian Butterfly Park. The application development uses the Unity3D program and to be launched on the Android operating system. VR development uses the GoogleVR plug-in for Unity, also AR development is using the ARCore software development kit (SDK). The main features of this application are a collection book and virtual tours that are integrated with Augmented Reality-based butterfly learning media. This application development process is using agile methods and semi-immersive type of Virtual Reality technology. The output that has been achieved by the time of this document creation is an Android-based mobile application prototype that utilizes Virtual Reality and Augmented Reality technology. The features that have been developed are virtual tours, learning media using Augmented Reality, and interactive butterfly collection book. The Alian Butterfly Park application that the team developed has the goal of being a way for the public to get a virtual travel experience and butterfly learning media of Alian Butterfly Park. This mobile application is also a means of promotion and introduction to the Alian Butterfly Park. Testing process of the virtual tour and quiz features has been done using the Black Box and live testing methods. Black Box testing got 100% successful results across all scenarios. Meanwhile, during live testing, the respondents gave mostly positive feedback, but also criticism and suggestions regarding non-functional aspects and also their user experience of the application.

Kata Kunci : virtual reality, virtual tour, media edukasi, wisata daring

  1. S1-2022-425315-abstract.pdf  
  2. S1-2022-425315-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-425315-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-425315-title.pdf