Laporkan Masalah

Pengembangan Game Mechanics untuk Serious Game Edukasi Bahaya Rokok

MUHAMMAD ALDI F, Dr. Indriana Hidayah, S.T., M.T.;Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T., IPM.

2022 | Skripsi | S1 TEKNOLOGI INFORMASI

Rokok merupakan produk yang dihasilkan dari pengolahan tembakau yang memiliki berbagai efek negatif bagi kesehatan, mulai dari kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan bagi perempuan, aterosklerosis, jantung koroner, stroke, dan tekanan darah tinggi. Walaupun memiliki efek negatif yang begitu banyak, persentase laki-laki dewasa di Indonesia yang mengonsumsi rokok setiap hari lebih tinggi dari 50 persen. Salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai bahaya rokok adalah melalui Serious Game, yaitu video permainan yang memiliki misi khusus untuk memberikan dampak positif bagi penggunanya yaitu edukasi mengenai bahaya rokok. Cara untuk memaksimalkan Serious Game agar diterima oleh pengguna adalah merancang game mechanics yang dapat memotivasi pengguna untuk tetap memainkan game agar pesan edukasi dapat diterima dengan baik. Game mechanics yang dirancang memperhatikan perubahan perilaku dengan menggunakan taksonomi Motivational Affordance untuk mendukung perubahan perilaku memahami bahaya rokok dan diharapkan menjauhi konsumsi rokok. Untuk menambah interaksi yang terjadi dalam game, dirancang NPC (Non-Player Character) yang bertugas sebagai unsur challenges yaitu merintangi pengguna untuk menyelesaikan tugas dan sebagai unsur education yaitu sarana proses edukasi bahaya rokok. Proses perancangan game mechanics dimulai dengan penyusunan game design document sebagai acuan pengembang untuk mengembangkan game dan scripting game. Dalam game design document, sudah ditentukan game mechanics yang hendak dikembangkan dan unsur-unsur lainnya seperti NPC. Saat melakukan scripting game, pengembang menggunakan Game Engine Unity. Setelah Serious Game berhasil dikembangkan menjadi game utuh, dilaksankan pengujian untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan game. Setelah dilakukan pengujian menggunakan metode black box testing untuk menguji fungsionalitas game mechanics dan UEQ (User Experince Questionnaire) serta Task Completion Rate, disimpulkan bahwa game mechanics dapat berjalan sesuai fungsionalitas yang diusulkan dan dapat diterima oleh calon pengguna.

Cigarettes are products produced from tobacco processing, which have various negative effects on health, like lung cancer, heart attacks, pregnancy disorders for women, atherosclerosis, coronary heart disease, stroke, and high blood pressure. Despite the fact that cigarettes have so many negative effects, more than half of adult males in Indonesia smoke every day. One way to educate Indonesians about the dangers of smoking is through Serious Games, which are video games that have a special mission to have a positive impact on users, namely education about the dangers of smoking. The way to maximize the potential of serious games to be accepted by users is to design game mechanics that can motivate users to keep playing the game so that educational messages can be well received. Game mechanics are designed to pay attention to behavioral changes by using the Motivational Affordance taxonomy to support behavioral changes to understand the dangers of smoking and are expected to stay away from cigarette consumption. To add to the interactions that occur in the game, an NPC (Non-Player Character) is designed, which serves as an element of challenge, namely hindering users from completing tasks and as an element of education, namely a means of educating users about the dangers of smoking. The game mechanics design process begins with the preparation of a game design document as a reference for developers to develop games and game scripts. In the game design document, the game mechanics to be developed and other elements such as NPCs have been determined. When scripting games, developers use the Game Engine Unity. Testing is carried out to find out the weaknesses or shortcomings of the game after it has been successfully developed into a full game. After testing using the black box testing method to test the functionality of game mechanics and UEQ (User Experience Questionnaire) and Task Completion Rate, it is concluded that game mechanics can run according to the proposed functionality and can be accepted by potential users.

Kata Kunci : Serious Game, Motivational Affordance Taxonomy, Meaningful Mechanics, Non Player Character, Unity, Black Box Testing, User Experience Questionnaire, Task Completion Rate

  1. S1-2022-425317-abstract.pdf  
  2. S1-2022-425317-bibliography.pdf  
  3. S1-2022-425317-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2022-425317-title.pdf